Jenis Pipa Berdasarkan Material

Pipa merupakan komponen yang umumnya digunakan untuk mengalirkan air di rumah maupun lokasi lainnya. Meskipun memiliki fungsi yang umumnya sama, pipa ini memiliki beragam jenis dan Anda harus memilih jenis yang tepat sesuai dengan fungsi dan lokasi pemasangannya. Misalnya untuk keperluan di rumah yang menerapkan sistem air minum langsung dari keran, menggunakan pipa yang tepat untuk mengalirkan air minum harus sangat diperhatikan. Sebab, walaupun sama-sama pipa PVC ternyata beberapa memiliki kualitas yang berbeda dan dinyatakan lebih baik untuk mengalirkan air minum di rumah.

Pipa air
Source: powerlisting.wikia

Jika ingin mempelajari keseluruhan jenis pipa, tentunya akan sangat panjang sekali penjelasannya. Nah, sebagai dasarnya, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu beberapa jenis pipa berdasarkan materialnya:

  • Pipa plastik

Ini merupakan salah satu jenis pipa yang paling umum Anda temui. Pipa ini sering digunakan sebagai saluran air untuk rumah maupun gedung bertingkat, khususnya jenis pipa PVC. Pipa PVC (polyvinyl Chloride) memiliki sifat yang tahan lama dan tidak berkarat. Selain digunakan untuk mengalirkan air, pipa ini juga sering digunakan untuk pelindung kabel. Tidak hanya itu, saat ini cukup banyak yang memanfaatkan pipa ini untuk berkreasi dan membuat berbagai benda.

  • Pipa beton

Pipa ini umum digunakan untuk sistem drainase pada bagian bawah jalan. Memiliki ukuran yang beragam, namun biasanya diameternya cukup besar. Sebab pipa ini haarus mampu mengaliri air dalam jumlah banyak. Selain itu, pipa ini memiliki dinding yang tebal dan kuat, tujuannya agar mampu menahan tekanan dari aliran air. Selain digunakan sebagai drainase, saat ini cukup banyak hotel yang memanfaatkan pipa ini untuk dijadikan penginapan atau dekorasi taman.

  • Pipa baja

Pipa ini umumnya digunakan untuk mengalirkan sumber energi, seperti air, minyak dan gas. Selain itu, pipa ini juga sering digunakan untuk mengalirkan berbagai bahan atau zat yang dianggap mudah terbakar.

  • Pipa besi

Pipa besi juga sering digunakan untuk mengalirkan air, namun hanya yang bersuhu dingin saja. Selain itu, pada pipa besi yang digabungkan dengan stainless steel, seringkali digunakan untuk keperluan konstruksi. Sebab pipa ini memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mampu menahan beban, dan stainless steel pada pipa ini membuatnya tidak mudah berkarat.

Memahami material untuk pembuatan pipa ini akan membantu kita menentukan pemilihan pipa yang tepat untuk berbagai keperluan, misalnya saja saat membuat boiler sendiri di rumah. Mengerti keuntungan dan kerugian boiler pipa air dan api dilengkapi dengan pemahaman tentang material pipa yang tepat saat penggunaannya, akan membuat boiler buatanmu tersebut dapat bekerja secara maksimal dan tahan lama.

Sebenarnya, selain keempat pipa di atas, masih cukup banyak material lain yang digunakan untuk membuat pipa. Namun untuk kali ini, cukup 4 material dulu ya. Jika kamu ingin menambahkannya, boleh kok. Silakan tulis dikomentar ya. Makasih. ? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *