Jenis MCU (Medical Check Up) yang Umum Dilakukan

MCU (medical check up) atau pemeriksaan kesehatan adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh pada berbagai bagian tubuh. Namun meskipun dikatakan menyeluruh, bukan berarti seluruh bagian tubuh akan dilakukan pemeriksaan tanpa ada yang terlewat. Sebab jika hal tersebut dilakukan akan ada banyak sekali rangkaian pemeriksaan yang harus Anda lakukan dan biayanya juga tidaklah sedikit.

medical check up
Source: hellosehat

Diantara sekian banyaknya pemeriksaan yang dilakukan, beberapa pemeriksaan ini adalah yang paling umum dan selalu ada dalam MCU, yaitu:

  • Tes urine

Banyak yang mengira bahwa tes urine ini hanya dilakukan untuk mendeteksi apakah seseorang menggunakan obat terlarang atau tidak. Padahal fungsi tidak hanya itu saja. Tes uruine dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada bebrapa organ dalam tubuh, diantaranya ginjal, hati, limpa dan pankreas.Tidak hanya itu saja, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi adanya masalah pada sistem ekresi, sekresi atau metabolisme.

  • Tes darah

Sebenarnya ada cukup banyak fungsi tes darah ini, namun menggunakan tes yang berbeda. Sebab itulah beberapa jenis biasanya tidak termasuk ke dalam paket MCU general karena akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika semuanya dilakukan. Fungsi tes darah yang termasuk dalam paket MCU yaitu untuk mengetahui fungsi organ hati, mendeteksi beberapa penyakit seperti hepatitis, keracunan dan masalah gizi, untuk mendeteksi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan daya tahan tubuh, untuk pemeriksaan lebih spesifik mengenai sistem metabolisme tubuh dan untuk pemeriksaan lebih spesifik terhadap fungsi ginjal.

  • EKG

EKG adalah pemeriksaan yang berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung. Hasil pemeriksaan ini berbentuk garis grafik yang tercetak pada kertas grafik. Fungsi dilakukannya pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui laju denyut jantung, ritme denyut jantung, kekuatan dan “timing” sinyal listrik ketika melewati bagian jantung. Hal ini sangat penting dilakukan khususnya untuk Anda yang sering mengalami keluhan pada bagian jantung, seperti munculnya rasa nyeri atau jantung yang berdetak dengan cepat.

  • Rontgen

Fungsi rontgen adalah untuk mengambil gambar bagian tubuh dalam seseorang. Rontgen dilakukan pada bagian dimana terdapat keluhan. Namun untuk MCU biasanya rontgen yang dilakukan adalah rontgen dada yang berfungsi untuk melihat kesehatan paru-paru. (Vita)

Leave a Reply