Jelangkung, Film Horor Indonesia yang Melegenda

jelangkung 2001
Source: layar.id

Untuk kamu yang menyukai hal mistis, pasti tahu dong mengenai Jelangkung? Ini adalah sebuah ritual khusus yang bertujuan untuk memanggil makhluk halus. Meskipun mengerikan, tetapi banyak yang penasaran dan memainkannya. Dan inilah yang menjadi aawal cerita film Jelangkung yang bisa kamu saksikan di aplikasi Nonton Film Indonesia di smartphone kesayanganmu.

Hmm, mungkin banyak dari kamu yang tidak kenal dengan film yang masuk ke dalam deretan film Indonesia yang mampu merajai box office di awal tahun 2000-an. Akan tetapi, jika kita berbicara tentang film horor, kita tidak boleh melupakan film legendaris ini. Jelangkung adalah film yang disutradai oleh Rizal Mantovani dan Jose Purnomo dan tayang pada tahun 2001. Jelangkung merupakan film horor pertama yang tayang di bioskop Indonesia setelah perfilman Indonesia terpuruk selama bertahun-tahun. Sayangnya, tidak ada catatan resmi mengenai total jumlah penonton film ini.

Jelangkung bercerita tentang sekelompok anak muda yang menyukai hal mistis. Mereka dengan sengaja mengunjungi berbagai lokasi yang dikenal angker hanya untuk mencari keberadaan makhluk halus. Namun, salah satu diantara melakukan sebuah ritual dan mengucapkan mantra jelangkung sambil memasang boneka jelangkung disebuah kuburan, saat berkunjung ke desa yang terkenal angker. Akan tetapi, tidak ada yang terjadi saat membaca mantra tersebut sehingga mereka memutuskan untuk pergi dan meninggalkan boneka tersebut di kuburan tanpa mencabutnya.

Sejak saat itu, mereka mulai merasakan hal aneh mengganggu mereka. Apalagi ketika mereka masih berpetualan ke lokasi angker. Mulai merasa terganggu, mereka memutuskan untuk meminta bantuan paranormal. Merekapun diberikan misi untuk kembali ke desa angker tersebut dan mencabut boneka jelangkung yang masih tertancap. Namun tentunya, perjalanan misi tidak akan semudah itu.

Pada tahun 2003, akhirnya dibuatlah sekue dari film Jelangkung terdahulu, dengan judul Tusuk Jelangkung. Tidak seperti sekuel kebanyakan yang menggunakan pemain sama, pada tusuk jelangkung ini kamu hampir tidak menemukan pemain yang sama dengan film pertamanya, yaitu jelangkung. Namun, kisah dalam cerita ini masih berhubungan. Diawali dengan pembacaan mantra jelangkung oleh sekelompok anak muda, dan ternyata makhluk halus yang dipanggil adalah sama dengan makhluk halus pada film yang sama. Untuk menyelesaikan kutukan ini, mereka harus menyelesaikan misi dari pendahulunya, yaitu mencabut boneka jelangkung yang masih tertancap di kuburan. Namun, sama halnya dengan pendahulunya, perjalanan mereka tidak akan mudah untuk menghilangkan kutukan tersebut.

Baik film Jelangkung maupun Tusuk Jelangkung, keduanya berhasil meraih kesuksesan besar pada tahun penayangannya. Apalagi, pada masa itu perfilman Indonesia masih bisa dikatakan terpuruk dan jumlah film yang tayangpun tidak sebanyak sekarang. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *