J-Dorama Berlatar Sekolah (Part 1)

Ada banyak banget J-Dorama yang mengambil Sekolah sebagai latar utama ceritanya. Makanya, pas mau nulis review ini sempet bingung, dorama apa aja yah yang mau ditulis. Jadi akhirnya mutusin untuk nulis dalam beberapa part, dan untuk sekarang kita akan membahas 4 dorama dengan latar sekolah dan memiliki cerita yang hampir mirip. Seluruh dorama ini menceritakan tentang sebuah kelas yang memiliki murid-murid bermasalah, dan perjuangan seorang guru untuk merubahnya.

  • Gokusen 1, 2, dan 3

Gokusen bercerita tentang sebuah kelas bernama 3D yang berbeda dari kelas lainnya. Seluruh penghuni kelas ini dianggap sebagai berandalan dan tidak ada guru yang sanggup menanganinya. Bahkan, tidak jarang guru yang gokusen 2berusaha menangani kelas ini menyatakan resign dihari pertamanya mengajar. Namun, masalah ini mulai teratasi sejak kehadiran seorang guru perempuan bernama Kumiko Yamaguchi (Yukie Nakama). Meskipun ceroboh, namun sebenarnya Yankumi (nama panggilan Kumiko Yamaguchi) adalah penerus dari grup Oedo, salah satu klan Yakuza.

Gokusen ini dibuat dalam 3 versi, yaitu Gokusen 1 (tahun 2002), Gokusen 2 (tahun 2005) dan Gokusen 3 (2008). Namun, berbeda dari versi terdahulunya (Gokusen 1 dan 2), pada Gokusen 3 kisah kelulusannya dibuat dalam sebuah cerita tersendiri, dan melibatkan seorang pemain baru yaitu Reita Takasugi (Yuta Tamamori) yang ditayangkan pada tahun 2009. Pada setiap serinya, murid kelas 3D akan mengalami perubahan pemain karena Yankumi diceritakan pindah mengajar di sekolah lain. Namun, peran guru tetap dimainkan oleh Yukie Nakama.

  • Misaki Number 1

Misaki number 1 bercerita tentang seorang host nomor 1 di klub Roppongi, diminta oleh pemimpin klub yang sudah seperti ibunya sendiri, untuk mengajar sebuah kelas khusus (kelas 3-Z) di suatu sekolah. Misaki (Karina) yang pintar namun polos menerima permintaan tersebut. Ketika datang ke sekolmisaki number 1ah tersebut, Misaki melihat kelas lain yang dipenuhi oleh murid-murid berprestasi dan penurut. Namun, ketika Misaki masuk ke dalam kelasnya, ia menemukan sebuah kenyataan  yang diluar harapannya. Kelas tersebut kosong tanpa kehadiran 1 orang muridpun. Misakipun harus berjuang keras untuk mengajak murid-murid kelasnya datang ke sekolah dan belajar. Disisi lain, Misaki juga harus berusaha keras merahasiakan pekerjaan lamanya, dari semua orang yang ada di Sekolah.

  • Gachi Baka

Seorang mantan petinju diminta untuk mengajarkan sebuah kelas tempat berkumpulngachi bakaya murid-murid bermasalah. Tanpa pengetahuan tentang cara mengajar, Gondo Tetta (Takahashi Katsunori) berjuang keras untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh murid-muridnya, agar dapat lebih memahami semua muridnya. Namun, ternyata tidak mudah melakukannya, Gondo justru terkena perangkap salah satu siswinya dan dituduh melakukan pelecehan seksual.

  • Hammer Session

Seorang mantan penipu yang kabur dari penjara bernama Goro Hachisuka (Mokomichi Hayami), tiba-tiba terlibat hammer sessiondalam masalah di sebuah sekolah. Seorang guru baru yang seharusnya mengajar sebuah kelas dihari itu, justru berusaha membakar sekolah tersebut, dan Goro lah yang mencegah pembakaran tersebut. Saat itu, kepala sekolah berjanji akan menyembunyikan keberadaan Goro Hachisuka asalkan dia bersedia menjadi guru untuk menggantikan guru baru tersebut. Sejak saat itu, Goro Hachisuka mulai menghadapi murid-murid bermasalah dikelasnya dengan caranya sendiri yang terbilang unik. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *