minyak rem

Ini Penyebab Level Minyak Rem Berkurang

Ada beberapa cairan yang mendukung kinerja mesin mobil agar selalu dapat optimal, seperti cairan aki, cairan pelumas yang harus dilakukan ganti oli mesin secara rutin, bahan bakar minyak, dan juga minyak rem. Semua cairan ini, memiliki fungsinya masing-masing dan tentunya akan sangat memengaruhi keawetan mobil. Bahkan, adanya masalah pada salah satunya bisa menyebabkan keselamatan berkendara menjadi terganggu, misalnya seperti level minyak rem yang berkurang.minyak rem

Minyak rem, adalah cairan yang berfungsi untuk melumasi komponen logam pada sistem pengereman. Tujuannya, agar logam-logam yang saling bergesekan tersebut tidak mudah aus, tahan panas, dan tidak mengalami perubahan bentuk pada suhu tinggi. Dalam kondisi normal, pengurangan level minyak rem akan terjadi dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, biasanya minyak rem harus diganti karena kemanmpuan melumasinya telah berkurang sebelum minyak ini berada pada level minimal.

Akan tetapi, ada dua hal yang bisa menjadi penyebab berkurangnya level minyak rem, yaitu:

  • Kampas rem aus

Kampas rem adalah komponen yang akan bergesekan dengan cakram rem pada saat sistem pengereman mobil bekerja. Gesekan ini akan membuat lapisan kampas rem semakin lama semakin menipis. Apalagi jika Anda sering melakukan rem mendadak pada mobil manual. Mobil akan menunjukkan beberapa tanda saat kampas rem menipis atau bahkan habis, salah satunya yaitu berkurangnya level minyak rem. Bahkan, minyak rem bisa mencapai level di bawah level minimum. Namun untuk masalah ini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda hanya tinggal mengganti kampas rrem dengan yang baru. Setelah komponen tersebut diganti, maka akan mendorong mundur piston caliper sehingga minyak rem akan kembali naik ke level yang sebenarnya.

  • Terjadinya kebocoran

Adanya kebocoran pada sistem pengereman ini adalah hal yang patut diwaspadai. Sebab, minyak rem akan habis dalam waktu cepat, tergantu tingkat keparahan bocornya. Bahkan jika kondisinya sangat parah, minyak rem bisa saja selalu berkurang setiap kali mobil selesai digunakan. Kebocoran ini biasanya ditandai dengan adanya tetesan atau rembesan minyak pada komponen yang mengalami kebocoran. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika Anda segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Rem merupakan komponen vital dan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan saat tidak bekerja maksimal. Itulah sebabnya, Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. (Vita)

1 thought on “Ini Penyebab Level Minyak Rem Berkurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *