Ini Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ibu hamil cenderung akan menghindari berbagai aktivitas yang berisiko membahayakan kehamilannya. Misalnya seperti beberapa jenis olahraga. Namun, untuk Anda yang hobi melakukan olahraga renang sebelum hamil, sebenarnya tetap bisa melakukannya, loh! Sebab, olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Akan tetapi, demi keamanan selama berenang, ada baiknya Anda tidak melakukannya di kolam yang memiliki wahana air waterboom karena kemungkinan Anda mengalami cedera akibat orang di sekitar Anda cukup besar.ibu hamil berenang

Saat berada di dalam air, beban yang ditanggung oleh ibu hamil akan berkurang. Sebab, daya apung dalam air akan membuat beban terasa semakin ringan. Tidak hanya itu, ibu hamil juga bisa mengambang dengan posisi telentang tanpa risiko menghambat aliran darah. Selain itu, menurut situs kesehatan alodokter, setidaknya ada 4 manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil jika melakukan olahraga ini, yaitu:

  • Melemaskan ketegangan punggung
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Meredakan pembengkakan kaki
  • Mencegah mual dan sumber energi

Akan tetapi, bukan berarti olahraga ini sepenuhnya aman tanpa risiko. Sebab, kondisi tubuh ibu hamil tentulah berbeda dengan seseorang yang tidak hamil, dan hal yang salah sedikit saja bisa berisiko membahayakan janin. Ada beberapa hal yang harus ibu hamil perhatikan sebelum melakukan olahraga ini:

  • Pastikan kandungan kaporit dalam kolam renang tidak berlebihan. Sebab, kandungan kaporit yang berlebihan akan membuat Anda merasa mual saat menghirupnya.
  • Hindari berenang di pantai, laut atau danau. Sebab, air laut atau danau biasanya mengandung kuman dan bakteri.
  • Bagi Anda yang belum terbiasa berenang, sebaiknya hindari memaksakan diri saat berenang. Anda bisa mulai melakukannya secara bertahap agar tidak kelelahan.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berenang agar tidak mengalami kram otot saat sedang berolahraga.
  • Lakukan gerakan berenang yang tenang dan membuat Anda nyaman.
  • Berhati-hati saat masuk dan keluar dari kolam renang.

Selain beberapa poin di atas, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi pada dokter kandungan yang menangani Anda sebelum memulai olahraga ini. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa tubuh dan kehamilan Anda dalam kondisi sehat dan aman untuk berenang. Selain itu, segera hentikan renang jika mulai merasakan adanya rasa tidak nyaman pada tubuh. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *