Hati-Hati, Posisi Tidur yang Salah Bisa Berbahaya Untuk Bayi

Kehadiran buah hati bisa dikatakan sebagai momen paling berharga dalam hidup. Baru mendengar berita sedang mengandung saja, Anda pasti akan berusaha memberikan semua yang terbaik untuk sang buah hati. Misalnya seperti membatasi aktivitas, mengonsumsi susu ibu hamil terbaik, dan mulai mengonsumsi makanan sehat yang ada dalam daftar makanan ibu hamil. Semua hal tersebut dilakukan agar janin dapat berkembang dengan baik dan bayi lahir sehat.

bayi tidur
Source: jnj

Sayangnya, ketidaktahuan orangtua mengenai satu hal penting ini terkadang harus membuat mereka rela kehilangan sang buah hati. Hal yang dimaksud adalah mengenai posisi tidur bayi.

Yap, cukup banyak orangtua yang tidak begitu paham mengenai bahaya posisi tidur bayi ini. Orangtua cenderung membiarkan naluri alami bayi mengatur sendiri posisi tidurnya. Padahal, menurut situs alodokter, hal ini bisa berbahaya dan meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Agar hal tersebut tidak terjadi, perhatikan penjelasannya berikut ini.

Pada usia tertentu, bayi akan mulai sering tiddur dalam kondisi miring dan hingga akhirnya tidur dala posisi tengkurap. Ketika Anda melihat bayi tidur dalam posisi seperti itu, segera perbaiki posisinya agar bayi tidur dalam kondisi terlentang. Posisi miring atau tengkurap akan membuat hidung bayi berada terlalu dekat dengan sprai. Akibatnya bayi akan menghirup debu atau mikroba yang mungkin ada pada sprai dan bantal. Selain itu, posisi tengkurap ini akan berisiko tinggi menyebabkan perut bayi berada di bawah dan tertekan, sehingga meningkatkan risiko SIDS. Tidak hanya itu, posisi tengkurap juga berisiko menyebabkan bayi kesulitan bernapas.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk bayi yang tidur di kasur atau boks bayi saja, tetapi juga untuk Anda yang memiliki kebiasaan membiarkan bayi tidur di atas dada Anda (biasanya dilakukan oleh ayah). Cukup banyak orangtua yang harus rela kehilangan buah hatinya akibat kebiasaan ini. Mereka melakukan kebiasaan ini dengan alasan agar sang buah hati selalu dekat dengan orangtuanya. Namun ternyata kebiasaan ini justru berujung maut.

Memang bukan hal yang mudah untuk memperbaiki posisi tidur bayi, terutama saat malah hari ketika Anda tertidur. Namun sebisa mungkin, ketika Anda menemukan bayi tidur miring atau tengkurap, segera perbaiki posisinya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *