Halal Ramen di Jepang Yang Wajib Kamu Coba

Bagi kamu yang beragama Islam dan ingin wisata ke Jepang, pasti banyak hal yang harus dipikirkan. Bukan hanya menyiapkan tiket, penginapan, asuransi perjalanan, dan rencana perjalanan saja, kamu juga harus memikirkan masalah makan selama di sana.

Yap, meskipun Jepang sudah memiliki daerah yang ramah muslim, bukan berarti kamu bisa dengan mudah menemukan makanan halal di sini. Tetap saja kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan. Tapi jangan khawatir, melalui artikel ini aku mau berbagi informasi tentang 3 restoran halal ramen yang bisa kamu datangi saat di Jepang.

Langsung saja ya, berikut ini daftarnya:

  1. Ramen Honolu Osaka Namba

Lokasi restoran ini ada di Motomachi, 2-5-27, 1F, Osaka-shi, Naniwa-ku, Osaka. Untuk mencapai restoran ini kamu bisa menggunakan kereta JR dan turun di JR Nama Station. Dari sana kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Pas aku dateng ke restoran ini sih, lagi rame banget. Jadi lumayan lama nunggu giliran untuk masuknya. Sistem pemesanan di restoran ini beda dari restoran manapun di Indonesia. Cara pesannya, kamu harus memasukkan uang ke dalam mesin yang berisi menu. Setelah itu kamu tinggal pilih menu apa yang mau kamu pesan, dan kamu akan menerima struk. Serahkan struk tersebut ke penjualnya baru deh pesanan kamu dibuatkan. Kalau kamu nggak punya uang pas, nggak perlu khawatir karena mesin ini bisa mengeluarkan uang kembalian dalam bentuk koin.

Rasa makanannya? Sama sekali nggak mengecewakan deh. Aku pesen gyoza dan rasanya sesuai sama seleraku. Untuk ramennya, aku sempet nyicip sedikit punya temen, dan rasanya juga enak.

  1. Halal Ramen Naritaya Osaka
ramen naritaya
Halal Ramen Naritaya Osaka

Sebelum pergi ke Jepang, berkali-kali ngeliat iklan restoran ini di facebook halal navi. Akhirnya jadi penasaran dan mutusin harus banget ke sini. Untuk menuju restoran ini nggak sulit kok. Aku aja berani jalan malem-malem

sendirian ke sini. Lokasinya ada di keramaian dan banyak restoran lain di sekitarnya, jadi aman. Supaya jalannya lebih dekat, aku saranin kamu naik subway ke arah Nagahoribashi Station dan keluar di pintu nomor 7.

Koki yang masaknya sih orang jepang asli, tapi ada beberapa pelayannya yang orang indonesia. Jadi kamu nggak perlu khawatir masalah bahasa. Akun pesen gyoza dan ramen. Semuanya enak. Tapi karena aku nggak suka sayuran, jadi daun bawang dan tauge di dalem ramennya agak mengganggu. Selain itu sih, sedap lah pokoknya.

  1. Halal Ramen Naramachi Jinniyah
halal ramen naramachi jinniyah
halal ramen naramachi jinniyah

Lokasi restoran ini ada di 28-34 Minamijodocho, Nara, Nara Prefecture. Untuk mencapai restoran ini kamu butuh berjuang lebih keras karena jaraknya dengan Kyobate Station yang cukup jauh.

Penjaga restoran ini orang jepang, tapi kamu nggak perlu khawatir karena dia ngerti bahasa inggris dengan baik kok. Untuk menunya sih nggak terlalu banyak, tapi ada pilihan menu untuk kamu yang suka makan dengan porsi sedikit ataupun banyak. Untuk rasa makanannya, dijamin nggak akan mengecewakan. Menurut seleraku sih, ramen di restoran ini yang paling enak. Tapi balik lagi yah, tergantung selera masing-masing.

Untuk masalah solat, Naritaya dan Naramachi menyediakan prayer room. Jadi nggak masalah kalau kamu dateng ke sini dan belum solat. Sementara untuk Ramen Honolu, aku kurang tahu karena pas dateng aku udah solat dulu di penginapan. Kalau kamu berada di lokasi yang jauh dari 3 restoran ini, kamu juga bisa menerapkan trik untuk muslim supaya nggak kelaparan di Jepang. Untuk menuju ke setiap lokasi, kamu bisa kok mengandalkan Maps dari google. Tapi supaya lancar dan nggak nyasar, untuk kamu yang nggak bisa baca peta pelajari dulu ya caranya.

*Notes: Cuma inget motret pas di Naritaya, yang lain udah keburu laper jadi nggak sempet foto makanannya deh. 😀

Selamat makan…!!! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *