Hal Penting Saat Membuat Film Biografi

Film yang didasarkan pada kisah hidup seseorang, atau sering disebut dengan film biografi, saat ini menjadi favorit dikalangan para produser film. Tentunya, hal ini bukan tanpa alasan. Jika sang produser mampu menemukan seorang tokoh yang dikagumi oleh masyarakat luas, pasti film tersebut akan laris dipasaran. Hal ini sudah terbukti dengan keberhasilan film Habibie Ainun yang diproduksi ole MD Pictures beberapa tahun yang lalu.Film biografi

Namun, pemilihan tokoh bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan sebuah film. Sebab, masih ada banyak hal yang mempengaruhinya. Keberhasilan yang dimaksud adalah keberhasilan menarik minat penonton ke bioskop, dan juga keberhasilan memuaskan penonton yang menyaksikan film tersebut. Berikut ini, adalah beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan sebuah film biografi:

  • Promosi

Promosi menarik sangat penting untuk menarik minat masyarakat untuk menonton sebuah film di bioskop. Promosi ini bisa dengan berbagai cara, diantaranya yaitu trailer dan poster. Pemilihan adegan untuk ditayangkan pada trailer ini sangat penting. Sebab, jika pemilihannya tepat, dapat membuat seseorang yang menyaksikannya merasa penasaran dan tidak sabar untuk menyaksikan langsung di bioskop.

  • Pemeran (aktor dan aktris)

Memang, setiap orang pasti memiliki penampilan yang berbeda. Hal inilah yang membuat kru film biografi sering kali kesulitan mencari pemeran yang pas. Namun, bukan berarti tidak bisa sama sekali. Cobalah mencari sebuah ciri khas dari tokoh yang akan dibuatkan filmnya, dan carilah pemeran yang kira-kira bisa mempertahankan ciri khas tersebut. Misalnya, logat bicara, penampilan, sifat, atau sejenisnya. Pemeran yang mampu mempertahankan ciri khas dari sang tokoh yang diperankannya, biasanya akan membuat masyarakat merasa lebih tertarik untuk menontonnya.

  • Alur cerita

Namanya juga film biografi, pasti menceritakan tentang kisah hidup seseorang. Nah, pada saat membuat skenario inilah sang penulis harus ekstra hati-hati. Skenario harus dibuat semenarik mungkin dan jauh dari kata membosankan. Penulis boleh menambahkan beberapa adegan untuk membuat suasana lebih hidup, namun tidak boleh berbeda terlalu jauh dari aslinya.

  • Kesesuaian suasana

Setting dari cerita film biografi ini biasanya telah terjadi berpuluh-puluh atau belasan tahun yang lalu. Artinya, mungkin akan ada beberapa hal yang sebenarnya belum ada pada masa itu, namun ada pada masa sekarang. Di sinilah terkadang sering terjadi miss, yang akhirnya membuat penonton merasa sedikit kecewa. Termasuk juga, ketika sebuah produk sponsor dipaksa untuk masuk ke dalam sebuah adegan, sementara produk tersebut belum ada pada masa adegan tersebut berlangsung.

Memang, membuat sebuah film biografi bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan usaha yang keras dan lebih detail memperhatikan segala sesuatunya, pasti hasilnya akan memuaskan. (Vita)

Leave a Reply