Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Ada cukup banyak gizi ibu hamil yang harus terpenuhi. Tidak hanya itu saja, jumlahnya juga harus diperhatikan, tidak boleh terlalu banyak namun jangan sampai kurang. Sebab, kekurangan ataupun  kelebihan suatu gizi tidak hanya akan berpengaruh pada kehamilan namun juga pada setelah melahirkan, misalnya saja

ibu hamil
Source: netDoctor

memicu berkurangnya ASI. Dalam hal pemenuhan gizi ini pun ada berbagai cara yang bisa dilakukan sang ibu hamil, dari mulai mengonsumsi vitamin dan obat yang diberikan oleh dokter, mengonsumsi makanan sehat, hingga meminum susu ibu hamil.

Yap, hal mengenai pentingnya memenuhi gizi ibu hamil memang sudah menjadi hal umum yang diketahui para calon orangtua. Akan tetapi, tahukan bunda, apa saja sih gizi yang harus terpenuhi? Dan apa saja fungsinya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Asam folat

Asam folat ini sangat penting untuk pembentukan organ dalam janin, menghindari cacat tulang belakang dan menghindari gangguan pertumbuhan otak. Begitu pentingnya asam folat ini membuat ibu hamil tidak pernah mengabaikaan pemenuhan kebutuhan zat ini. Bahkan, pada ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan juga, sudah mengonsumsinya agar kebutuhan zat ini dapat terpenuhi sejak awal kehamilan. Sebab, pada 2 bulan pertama masa kehamilan, banyak calon orangtua yang belum menyadarinya.

  • Kalsium

Kalsium sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi setelah lahir nanti, dan ini harus terpenuhi sejak bayi masih berada dalam kandungan. Jika kebutuhan kalsium ini tidak terpenuhi, maka janin akan mengambil dari kalsium pada tulang ibu dan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan tulangnya. Kalsium juga dapat mencegah tekanan darah tinggi yang mungkin akan ibu alami selama masa kehamilan.

  • Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan ibu untuk proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, bermanfaat juga untuk menguatkan ibu saat proses persalinan nanti, dan membantu pembentukan enzim yang sangat bermanfaat untuk proses menyusui nanti.

  • Kalori

Sebenarnya, fungsi kalori pada ibu hamil sama saja dengan pada orang lain, yaitu sebagai sumber energi. Tanpa terpenuhinya kalori, maka tentu saja ibu tidak akan memiliki energi cukup untuk melakukan berbagai aktivitas saat masa kehamilan.

  • Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang dan beberapa sel penting pada bayi. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk membantu tubuh ibu agar mampu menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsinya.

  • AHA dan DHA

AHA dan DHA ini sangat penting sekali untuk proses penyusunan sel otak pada janin. Tidak hanya itu saja, zat ini juga akan membantu tubuh ibu untuk menyiapkan produksi ASI yang berkualitas  pada masa menyusui nanti.

Selain beberapa gizi yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi lainnya. Namun, gizi apakah yang paling dibutuhkan oleh ibu dan berapa jumlahnya, mungkin bisa berbeda pada setiap orang. Cara paling terbaik untuk mengetahuinya yaitu, dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. (Vita)

Leave a Reply