Gangguan Alergi Karena Pemilihan Susu yang Tidak Tepat

Susu merupakan salah satu minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh anak maupun orang dewasa. Selain tidak mempunyai efek samping apabila dikonsumsi dalam jangka panjang susu juga mempunyai banyak sekali kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan juga gigi. Selain itu ada banyak sekali manfaat dan kandungan lain dari susu yang mempunyai banyak jenis juga di pasaran. Akan tetapi walaupun mempunyai banyak manfaat, pemilihan susu juga harus dilakukan secara tepat agar tidak mendapat gangguan alergi terutama ketika memilih susu yang akan diberikan pada anak.

Alergi susu
Source: New Health Advisor

Jenis susu yang beredar dan dapat ditemui dan dibeli dengan mudah oleh konsumen adalah:

  • Susu full cream

Adalah jenis susu yang menggunakan bahan dasar susu sapi dan sudah dipasterisasi dan dihomogenasisasi. Susu ini mengandung 3,2 persen lemak dan sangat cocok untuk susu pertumbuhan.

  • Susu rendah lemak

Adalah jenis susu sapi yang mengandung lebih sedikit lemak yaitu 1,5-2 persen.

  • Susu skim

adalah jenis susu sapi yang mempunyai komposisi lemak yang sangat rendah dibandingkan jenis lainnya yaitu sekitar 0,15 persen. Susu ini cocok dikonsumsi untuk program diet.

  • Susu formula khusus

Merupakan susu formula yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan seperti asam lemak omega 3, protein, zat besi, dan lainnya.

Sedangkan untuk jenis susu yang paling baik diberikan kepada anak adalah Air Susu Ibu atau ASI. Menurut banyak penelitian yang dilakukan bahwa jenis ASI merupakan susu yang paling sehat untuk bayi karena mengandung banyak sekali manfaat dan gizi yang sangat berguna untuk pertumbuhan bayi. ASI juga mempunyai kandungan yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada bayi sehingga menjadikannya tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Selain ASI yang dapat menjadi salah satu alternatif susu untuk diberikan kepada bayi yang mempunyai gangguan alergi susu protein hewani yaitu susu sapi. Ada jenis susu formula khusus yang dapat dipilih untuk diberikan kepada bayi seperti susu SGM Soya yang terbuat dari bahan protein nabati. Sehingga cocok untuk diminum bagi bayi untuk kendalikan alergi terhadap susu sapi.

Leave a Reply