Fungsi Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis

Baik usaha dalam skala kecil maupun besar, banyak yang sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu proses kemajuannya. Untuk perusahaan besar, beberapa teknologi yang dimanfaatkan seperti cloud computing dan hyperconverged. Sementara, perusahaan atau usaha dalam skala kecil umumnya memanfaatkan teknologi yang lebih sederhana, seperti internet untuk membantu pemasaran produk atau jasanya.teknologi informasi bisnis

Memang, teknologi sangat penting sekali dalam dunia bisnis. Bahkan, bisnis yang tidak mau memanfaatkannya dijamin akan mengalami kesulitan untuk bersaing. Bukan hanya masalah promosi saja, tetapi juga hal teknologi ini memiliki fungsi lainnya dalam dunia bisnis. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Mengolah data

Semua bisnis pasti akan memiliki data yang harus diolah. Dari mulai membuat, menyimpan, membagikan, atau mencetak. Agar proses pengolahan data ini dapat berjalan dengan lancar, pastinya akan dibutuhkan bantuan dan teknologi informasi adalah jawabannya. Ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan aplikasi yang telah ada untuk proses pengolahan data ini. Namun, banyak juga yang memilih untuk membeli sebuah aplikasi khusus untuk proses ini. Biasanya, aplikasi khusus dipilih karena aplikasi yang telah ada tidak bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Sementara untuk penyimpanan data, perusahaan biasanya memanfaatkan beberapa media untuk penyimpanan data sesuai dengan kebutuhannya.

  • Membagi informasi

Perusahaan khususnya yang sudah memiliki beberapa divisi, pastinya membutuhkan sebuah teknologi untuk membantu kelancaran komunikasi, baik komunikasi secara verbal maupun visual. Misalnya seperti voice call, chatting, atau email. Tanpa adanya teknologi informasi, maka Anda harus berjalan menuju orang yang ingin diajak berkomunikasi, dan tentunya hal ini akan menghabiskan banyak waktu. Dengan adanya teknologi informasi, apapun informasi yang ingin dibagikan kepada siapapun dan dimanapun, akan bisa dilakukan dengan mudah.

  • Pemasaran

Apa yang Anda lakukan ketika sedang ingin membeli sesuatu? Sangat jarang sekali orang memilih untuk pergi ke toko untuk mencari barang tersebut. Biasanya, Anda pasti akan mencari informasi mengenai barang tersebut melalui internet terlebih dahulu. Jika memang sudah menemukan yang cocok, maka Anda akan langsung membelinya melalui online. Hal inilah yang harus disadari oleh para pengusaha saat ini, yaitu kebiasaan para pembeli dimana mereka lebih suka membeli kebutuhannya secara online dibandingkan dengan toko konvensional.

Itu hanyalah tiga fungsi besar dari pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis. Namun, jika melihat dari pengertian teknologi informasi sendiri, sebenarnya fungsi dari teknologi informasi dalam dunia bisnis bisa lebih luas lagi. (Vita)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *