Fitur Restrict Pada Sistem PABX

Salah satu masalah yang sering dialami oleh perusahaan yaitu mengenai tagihan telepon. Yap, cukup banyak karyawan yang memanfaatkan line telepon kantor untuk urusan pribadi. Inilah mengapa perusahan wajib menggunakan sistem PABX. Mengapa begitu? Ini karena pada sistem telepon PABX mampu melacak semua panggilan keluar yang terjadi dalam sistem. Dengan begitu, penggunaan telepon oleh karyawan dapat dilacak dan diketahui.

sistem pabx
Source: liveu net

Sebenarnya sih, menggunakan telepon kantor untuk urusan pribadui masih diijinkan selama masih tahu batasannya. Namun, jika telepon kantor ini digunakan untuk keperluan pribadi setiap hari, apalagi untuk menghubungi nomor ponsel atau nomor telepon luar kota, tentu akan membebani perusahaan. Untuk itulah, banyak perusahaan yang akhirnya mengambil langkah untuk memanfaatkan fitur restrict.

Fitur ini akan membuat beberapa ekstensi tidak dapat melakukan panggilan keluar. Sebelum menentukan ekstensi mana saja yang akan dilakukan setting ini, perusahaan akan melakukan pengecekan terlebih dahulu ekstensi mana yang dianggap bermasalah. Jika memang ternyata cukup banyak, maka bisa saja perusahaan akan memasang setting ini di semua ekstensi yang jarang memiliki keperluan untuk melakukan panggilan keluar. Ekstensi yang tidak akan disetting restrict ini biasanya hanyalah sales dan finance, karena kedua divisi ini aktif melakukan panggilan keluar.

Fitur ini bisa disetting dalam beberapa bentuk sesuai keperluan. Misalnya ingin membatasi panggilan untuk nomor luar kota, panggilan untuk nomor ponsel atau panggilan internasional. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan sumber masalahnya terlebih dahulu sebelum melakukan setting ini.

Anda juga bisa melengkapi setting fitur ini dengan password. Fungsinya yaitu untuk membuka setting pengunci sehingga ekstensi yang disetting restrict ini dapat digunakan untuk panggilan keluar. Biasanya password ini hanya dimiliki oleh orang terbatas saja sehingga tujuan digunakannya fitur ini tetap efektif.

Selain menggunakan fitur restrict, penghematan tagihan telepon ini juga bisa dilakukan dengan fitur pembatasan waktu panggilan keluar. Misalnya sebuah ekstensi hanya bisa melakukan panggilan keluar selama beberapa menit dan akan mati secara otomatis jika sudah melewati waktunya.

Sebenarnya, fitur ini tidak perlu digunakan jika Anda memanfaatkan fasilitas kantor secara bijak dan tidak hanya berpikir mengenai keuntungan pribadi Anda saja. (Vita)

1 thought on “Fitur Restrict Pada Sistem PABX

Leave a Reply