Fitur Keselamatan Pada Motor

Kendaraan roda dua memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Meskipun begitu, tetap saja banyak orang yang lebih senang menggunakannya dan membiarkan mobilnya terparkir dirumah. Efisiensi waktu dan biaya merupakan dua hal yang biasanya menjadi alasan. Sebab itulah, baik cicilan sepeda motor bekas ataupun baru tetap memiliki penggemar, dan bahkan terus bertambah. Sepeda motor

Sementara itu, melihat tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan roda dua ini, produsen kendaraan inipun tidak tinggal diam. Tidak hanya meningkatkan produksinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saja, produsen motor juga melengkapi produk buatannya dengan berbagai fitur keamanan. Misalnya saja seperti beberapa fitur berikut ini:

  • Side switch stand

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan tunggal pada pengendaraan motor yaitu, ketika lupa menaikkan standar miring. Pada saat pengendara motor berbelok ke kaan, hal ini mungkin tidak masalah, namun ketika berbelok ke kiri standar ini bisa tersangkut dan akhirnya membuat motor terjatuh. Namun, dengan fitur keamanan ini, hal ini tidak mungkin terjadi. Sebab, fitur ini membuat motor tidak akan pernah menyala sebelum standar dinaikkan secara penuh.

  • Parking brake lock

Saat mengendarai motor, mungkin saja pengendara harus berhenti di jalan naik atau turun. Jika pengendara harus menahan laju motornya dalam jangka waktu lama dengan menekan rem tangan terus, pasti akan terasa pegal, bukan? Namun, fitur ini akan memudahkan kerja pengendara saat berada disituasi ini. Pengendara hanya perlu menekan rem tangan satu kali, dan kemudian menguncinya dengan pengunci yang ada di bagian depan rem tangan tersebut. Maka, rem tanganpun akan berada di posisi on selama brake lock terpasang.

  • Magnetic key shutter

Banyak orang yang merasa takut memarkirkan motornya sembarangan karena motor sangat mudah dijebol dengan kunci T. Namun, setelah adanya fitur ini, para pengendara motor bisa merasa lebih tenang. Fitur ini akan menutup lubang kunci dengan sebuah lapisan, dan hanya bisa dibuka dengan kunci asli dari produsen motor tersebut.

  • Wheel balancer

Fitur keamanan ini umumnya berada di motor sporty. Tujuannya yaitu untuk menyeimbangkan motor pada saat digunakan. Wheel balancer ini merupakan timah yang dipasang pada bagian velg, sehingga akan membuat motor tetap stabil meskipun dipacu dalam kecepatan tinggi. (Vita)

Leave a Reply