Dampak Kebocoran Knalpot Mobil

Ketika kita merasa ada yang kurang beres dengan performa mobil, pada umumnya kita akan langsung memeriksa apakah ada masalah pada mesin mobil kita. Sebenarnya sih tidak salah, namun ternyata ada juga loh hal lain yang terkadang sering terlupakan padahal sangat berpengaruh pada performa mobil. Bahkan, jika komponen ini rusak atau bermasalah, mobil sebagus Mitsubishi Pajero Sport juga tetap saja akan mengalami masalah saat dikendarai.dampak kebocoran knalpot mobil

Komponen penting ini, yaitu knalpot. Meskipun berukuran tidak terlalu besar, namun ternyata masalah yang terjadi pada knalpot ini bisa membawa dampak yang tidak sedikit bagi pengendara mobil. Diantara banyaknya masalah pada knalpot, kebocoran knalpot adalah salah satu yang paling sering terjadi dan memberikan dampak yang cukup parah. Bahkan, tidak jarang ada korban meninggal akibat tidak menyadari adanya kebocoran pada knalpot mobil yang sedang dikendarainya. Hmm… mengerikan bukan?

Berikut ini, adalah beberapa dampak dari kebocoran knalpot :

  • Suara bising

Knalpot yang bermasalah, biasanya akan menimbulkan masalah pada suara kendaraan yang dihasilkan. Perubahan suara ini bisa saja tidak terlalu parah, jika kebocorannya hanya sedikit. Namun, jika kebocorannya cukup parah maka suara bising yang dihasilkan bisa saja cukup parah dan mengganggu kita ataupun orang disekitar kita. Mmengetahui suara knalpot mobil bising bisa loh di ketika test drive mobil baru.

  • Performa mobil berkurang

Pada kondisi normal, 100% dari panas yang dihasilkan mesin akan dibagi kebeberapa lokasi pada mobil, termasuk knalpot, dan hanya menyisakan 25% untuk kemudian dimanfaatkan menjadi tenaga. Namun, jika knalpot mengalami kebocoran, maka jumlah persen panas yang akan terbuang melalui knalpot akan lebih besar dan mengurangi jatah panas yang seharusnya diubah menjadi tenaga. Akibatnya, performa kendaraan akan berkurang, atau kita akan merasa bahwa tenaga mobil menjadi berkurang.

  • Gas CO masuk ke dalam mobil

Ini, adalah dampak terparah dari kebocoran knalpot, yang sayangnya sering kurang disadari oleh masyarakat. Gas CO hasil pembuangan tidak seluruhnya terbuang keluar mobil, tetapi ada yang masuk ke dalam kabin. Namun, gas ini sangat halus dan seringkali tidak kita sadari keberadaannya. Kita hanya akan merasa sedikit bau, namun banyak yang mengabaikan dan menganggap bahwa bau yang datang dari luar mobil. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, secara perlahan kita akan merasa lemas, sesak napas, tidak sadarkan diri, dan bahkan mengakibatkan hal yang lebih parah, yaitu meninggal dunia.

Setelah mengetahui bahaya dari dampak kebocoran knalpot ini, pastikan untuk memeriksa kondisi knalpot dan komponen lain sebelum bepergian yah. Dan jika merasa ada sesuatu yang aneh saat sedang dalam perjalanan, segera menepi di tempat yang aman, dan lakukan pengecekan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *