Dampak dari Sebuah Penghargaan

Penghargaan menurut pendapatku? Hm…. penting sih, tapi gak selalu. Maksudnya, gak semua hal perlu penghargaan buat dilakukan. Repot juga kan kalau kita melakukan semua hal karena mengharapkan penghargaan dari orang. Pastinya, bakal kecewa berat tuh begitu ternyata kita tidak mendapatkan penghargaan apapun setelah selesai melakukan suatu pekerjaan. Ujung-ujungnya, kita bisa jadi males-malesan deh pas ada pekerjaan lagi untuk kita. Padahal, bisa jadi sebenarnya pekerjaan tersebut memanglah tanggung jawab kita. Pastinya tidak baik kan?Dampak dari Sebuah Penghargaan

Nah, jadi sebenernya apa sih makna dari penghargaan? Buat aku pribadi, penghargaan itu bisa memberikan dampak positif dan negatif terhadap kinerja seseorang. Ini nih beberapa diantaranya:

  • Positif

“Siapa yang bisa selesaikan tugas dengan benar, nanti ada hadiahnya.” Dulu sering banget nih denger kalimat ini pas masih kecil. Yah, namanya juga anak kecil. Begitu denger kata hadiah, langsung deh semangat 45 buat ngejar hadiahnya. Akan tetapi, ternyata gak Cuma anak kecil aja loh yang suka dengan hadiah. Orang yang udah dewasa, juga bakalan lebih semangat buat ngerjain sesuatu sebaik-baiknya kalau dikasih hadiah. Meskipun tentunya, nilai hadiah yang diberikan ke anak kecil dan orang dewasa pastilah berbeda. Hadiah ini, digunakan oleh pihak yang memberikan, kepada orang yang diberi tugas supaya lebih termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Tidak hanya itu saja, penghargaan juga bisa membuat seseorang menjadi merasa percaya diri. Gak percaya? Coba aja kamu puji hasil pekerjaan seseorang, dia pasti akan merasa bangga dan merasa bahwa hasil kerjanya sudah bagus. Tapi hati-hati yah, kamu juga harus melihat karakter orang yang mau kamu puji. Kalau orangnya memiliki sifat kurang percaya diri, pujian kamu bisa membantunya merasa lebih percaya diri. Tapi, kalau orang itu sudah memiliki tingkat percaya diri yang tinggi, wah bisa-bisa dia semakin melayang lagi kalau kamu puji. Selain itu, puji jika memang hasilnya bagus, kalau tidak bagus dan membutuhkan saran, kamu bisa memuji kerja keras atau usahanya, namun tetap memberikan saran diakhir kalimat. Dengan kalimat yang halusdan sopan ya.

  • Negatif

Tahu gak, kalau banyak loh orang yang berbuat baik hanya demi sebuah penghargaan. Memang tidak semua, tapi justru orang yang tidak mengharapkan penghargaan ini cenderung untuk berbuat baik tanpa terlihat. Nah, sementara itu orang yang berbuat baik agar mendapat pujian, biasanya akan menunggu orang melihat kearahnya sebelum melakukan suatu hal yang baik. Tidak hanya itu saja, kadang mereka akan terus menceritakan hal baik yang sudah dilakukan demi selalu mendapatkan pujian. Bahkan, meskipun hanya melakukannya satu kali dan sudah berlangsung tahunan yang lalu, tetap saja hal tersebut akan diungkit. Hmmm…. bisa dibilang orang seperti ini adalah orang yang berharap imbalan atas apa yang telah dilakukannya.

Kesimpulannya menurut aku pribadi, senang karena akan ada penghargaan dari hal yang sudah dikerjakan sih ya boleh-boleh saja. Asalkan gak berlebihan. Gak semua hal juga kan harus diberikan imbalan sebuah penghargaan? Apalagi, kalau penghargaan yang diminta bukan cuma sekadar pujian, tapi berupa hadiah seperti voucher Belanja Sodexo untuk belanja di merchant Sodexo atau hadiah lainnya. Akan merepotkan bukan?

Leave a Reply