Daftar Lagu Jepang yang Di-Cover

Ketika sebuah lagu memiliki banyak penggemar, biasanya ada saja yang ingin menyanyikan kembali lagu tersebut. Bahkan, tidak hanya dinyanyikan ulang oleh penyanyi dari negara asal lagu tersebut juga, tetapi juga dari negara lain. Hebatnya lagi, ada sebuah lagu dari Jepang yang begitu terkenal di Indonesia padahal pada zaman rilisnya lagu ini penggunaan internet kabel belumlah seaktif sekarang. Dan saking terkenalnya, membuat salah seorang penyanyi Indonesia tertarik untuk menyanyikan ulang lagu tersebut bersama penyanyi aslinya.

Nah, berikut ini adalah daftar lagu Jepang yang dinyanyikan dalam beberapa versi, baik yang resmi rilis maupun tidak.

  • Kokoro no tomo

Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal lagu ini? Ya, memang sih mungkin ada, tapi jika kamu adalah penggemar lagu Jepang pasti tahu dan sangat kenal dengan lagu ini. Yap, lagu berjudul Kokoro No Tomo yang dinyanyikan oleh Mayumi Itsuwa ini dirilis pertama kali pada tahun 1982. Pada tahun 2006, lagu ini kemudian dinyanyikan ulang oleh Mayumi Itsuwa dengan duet bersama dengan penyanyi Indonesia, yaitu Delon Thamrin (Indonesia Idol). Duet ini tidak hanya menyanyikan ulang saja, sebab terdapat sedikit perbedaan dari versi aslinya, yaitu dinyanyikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jepang. Mayumi menyanyikan dalam versi asli (bahasa Jepang) sementara Delon menyanyikannya dengan lirik bahasa Indonesia. Lagu ini kemudian dimasukkan dalam album “Duet Love Songs”.

  • La la la love song

Lagu ini terkenal tidak hanya di Jepang saja, tetapi juga di beberapa negara lain. Lagu ini dinyanyikan oleh Toshinobu Kubota dengan Naomi Campbell. Sampai saat ini, sudah banyak sekali penyanyi dari berbagai negara yang meng-cover lagu ini, baik dengan bahasa aslinya (bahasa Jepang) maupun bahasa lain. Bahkan, kalau disebutkan satu-satu bisa jadi panjang banget.  Yang jelas, setiap penyanyi membuat lagu ini memberikan kesan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Boa

Ayaka

Stevie Hoang (English version)

  • Let’s go to earth

Hmm, mungkin nggak terlalu banyak yang kenal lagu ini, kecuali fan girl idol Jepang. Lagu ini ditampilkan oleh idol group Hey Say JUMP pada konser Johnny’s World dan selanjutnya sering sekali ditampilkan dalam acara Shounen Club. Lagu ini memiliki 2 versi, yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Namun, biasanya yang ditampilkan oleh HSJ adalah versi bahasa Inggrisnya. Banyak fans yang berpikir lagu ini akan ada dalam salah satu single, namun sayang lagu ini justru secara resmi dibuatkan PV oleh Sexy Family (Sexy Zone, Sexy Boyz dan Sexy Show). Untuk lagu yang dirilis secara resmi sendiri, adalah lagu dalam versi bahasa Jepang.

Hey Say JUMP

Sexy Zone

  • Yuuki 100%

Sama seperti lagu la la love song, lagu ini juga telah dinyanyikan ulang beberapa kali. Namun, semua yang menyanyikan lagu ini adalah idol group yang berada dalam naungan Johnny’s Entertainment. Lagu ini pertama kali dirilis pada 13 Mei 1993, dinyanyikan oleh idol group bernama Hikaru Genji dan merupakan theme song untuk animasi Nintama Rantaro. Selanjutnya, lagu ini kembali digunakan untuk theme song anime yang sama hingga 3 kali.

Hikaru Genji

Ya ya yah: Season 10 – 16 (2002-2008)

NYC: Season 18 (2010)

Keberhasilan tertinggi lagu ini adalah ketika lagu ini dirilis sebagai debut song untuk NYC pada 7 April 2010. Tidak hanya berhasil meraih penjualan tertinggi dengan total penjualan di Jepang mencapai 121ribu copies, dan merajai chart Oricon weekly singles serta Billboard Japan Hot 100 saja. Single ini juga berhasil meraih RIAJ physical shipping certification Gold karena terjual lebih dari 100ribu copies. Terakhir, lagu ini dinyanyikan oleh Sexy Zone sebagai bonus track dalam salah satu album mereka.

Diantara beberapa lagu tersebut, mana lagu favoritmu? (Vita)

Leave a Reply