Cara Tarik Tunai Via Aplikasi Sakuku

Tahu nggak sih, kalau saat ini kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu ATM atau kartu debitmu? Pasti penasaran, kalau tanpa kartu, terus pakai apa dong? Jawabannya yaitu, dengan menggunakan smartphone Indonesia milikmu. Yap, saat ini, sebagian besar lembaga perbankan sudah menyediakan fasilitas tarik tunai pada aplikasi yang bisa didownload di playstore (pengguna android). Ada yang digabungkan dengan aplikasi m-banking, dan ada juga yang merupakan aplikasi tersendiri. Namun, untuk artikel ini, kita hanya akan membahas mengenai aplikasi milik Bank BCA saja, yaitu Sakuku.

Mungkin banyak dari nasabah Bank BCA yang sudah sering mendengar aplikasi ini, namun belum terlalu paham tentangnya, sehingga masih banyak yang belum menginstalnya di smartphone masing-masing. Padahal, dengan aplikasi ini, nasabah bank BCA tidak perlu membawa kartu ATM lagi jika ingin melakukan tarik tunai. Cukup memanfaatkan fitu tarik tunai yang ada di Sakuku, dan tidak ada lagi tuh risiko kartu ATM tertinggal atau tertelan mesin ATM.

Nah, untuk yang masih belum paham, berikut ini cara untuk melakukan transaksi tarik tunai via Sakuku:

  • Install aplikasi Sakuku

Tentunya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di playstore. Namun, Bank BCA mensyaratkan bahwa hanya smartphone yang belum pernah mengalami root saja yang bisa menginstall aplikasi ini. Selain itu, ada beberapa smartphone yang tidak dapat menginstall aplikasi ini.

  • Registrasi atau Login

Bagi kamu yang baru saja pertama kali menggunakan aplikasi ini, harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sementara itu, untuk kamu yang sudah pernah mendaftar sakuku, tetap pilih menu registrasi namun masukkan data yang sama dengan data yang kamu masukkan dulu saat registrasi. Dengan begitu, datamu tidak akan hilang.

  • Pilih Menu

Saat berada di halaman utama, kamu akan bisa melihat jumlah saldo yang ada pada sakuku milikmu. Jika jumlah saldo kurang dari jumlah uang yang ingin kamu tarik, sebaiknya lakukan pengisian (top up) terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan pengisian saldo sakuku melalui mobileBCA ataupun internet banking BCA (klikBCA). Jika saldo sudah cukup, kamu bisa memilih menu (disebelah kiri bawah). Pada halaman menu ini, ada berbagai pilihan transaksi yang bisa kamu pilih. Untuk penarikan tunai ini, kamu bisa pilih tarik tunai.

  • Pilih Jumlah Uang

Kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi pilihan jumlah uang dengan kelipatan 50.000. Pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jika kamu ragu dengan nominal uang yang ada pada ATM terdekat denganmu, sementara kamu perlu menarik uang hanya 50.000 rupiah, maka kamu bisa memilih nominal yang berbeda. Maksudnya, kamu bisa pilih nominal 50.000 rupiah, dan melanjutkan prosesnya hingga selesai. Kemudian mengulangi kembali prosesnya dengan memilih 100.000 rupiah dan melanjutkan prosesnya hingga selesai. Tenang, sebelum kamu melakukan tarik tunai di ATM, saldomu tidak akan berkurang kok.

  • Simpan Kode Tarik Tunai

Setiap kamu melakukan transaksi tarik tunai, kamu akan diberikan kode tarik tunai. Kode inilah yang akan digunakan untuk melakukan tarik tunai. Namun, kode ini hanya berlaku selama 2 jam, dan akan berbeda pada setiap transaksi. Jadi, sebaiknya lakukan transaksi secepatnya setelah kamu mendaftar tarik tunai di aplikasi sakuku yah.

  • Lakukan Tarik Tunai di ATM Bertanda Khusus

Selanjutnya, kamu tinggal pergi ke atm yang memiliki tanda “ATM ini melayani tarik tunai Sakuku”. Cara transaksinya yaitu, pada sudut kanan bawah layar, terdapat tulisan “tarik tunai sakuku >>>”. Setelah kamu tekan tombol yang diarahkan, masukkan nomor sakuku kamu dan kemudian masukkan kode tarik tunai. Tidak lama, uang akan keluar dan proses tarik tunai inipun telah selesai. Jika kamu menggunakan 2 kode tarik tunai seperti pada poin 4, maka kamu tinggal masukkan saja kode tarik tunai sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan.

Gimana, praktis banget kan? (Vita)

1 thought on “Cara Tarik Tunai Via Aplikasi Sakuku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *