Cara Mudah Atasi Laptop Lemot

Sebel nggak sih kalau sedang seru browsing, tiba-tiba saja laptop kita mendadak lemot dan tidak merespon perintah-perintah yang kita minta untuk dijalankan? Kadang tidak hanya lemot, tetapi si laptop tiba-tiba blank dan hanya menampilkan layar hitam. Duuh, kesal! Percuma banget sudah pasang internet indonesia berkoneksi cepat kalau laptop kita lemot begini! Rasanya mau buru-buru ganti laptop dan beli yang baru deh!mengatasi laptop lemot

Eits, jangan terburu-buru emosi dan banting laptop! Ternyata, ada solusi mudah dan gratis yang bisa kita lakukan untuk menghalau penyakit lemot si laptop. Hmmm, gimana caranya, ya? Yuk, simak tips berikut ini.

  1. Benahi ruang penyimpanan di laptop. Seringnya, penyebab laptop mendadak lemot adalah karena ruang penyimpanan atau storage dipenuhi dengan file-file usang yang sebetulnya sudah tidak terpakai lagi. Coba deh untuk meluangkan waktu sejenak untuk ‘mengatur’ kembali data-data yang ada di ruang storage. Hapus data yang sudah tidak terpakai, uninstall aplikasi yang jarang kamu gunakan dan memakan memori laptop-mu, dan simpan data-data yang berukuran besar dalam bentuk WinRAR agar lebih ringkas. Kalau hal ini sudah kamu gunakan, niscaya laptopmu akan lebih cepat loading-nya.
  2. Ganti antivirus yang berat dengan antivirus ringan tapi mumpuni. Laptop kita biasanya dilengkapi dengan antivirus gratisan yang sangat memakan memori penyimpanan laptop. Hmm, sudah saatnya nih untuk mengganti antivirus tersebut dengan antivirus gratis yang lebih ringan. Cobalah minta saran pada teman atau kerabat yang paham IT untuk memilih antivirus terbaik untuk laptopmu. Jadikan website antivirus yang kamu gunakan sebagai salah satu website yang wajib dikunjungi agar antivirus selalu update, sehingga laptopmu terlindung dari virus.

Rajin-rajin melakukan defrag. Kapan terakhir kali kamu memperhatikan laptopmu dan menjalankan opsi defrag? Tidak pernah? Wah, padahal opsi defrag yang ada di laptop bisa membuat laptopmu lebih cepat beroperasinya, lho. Kalau kamu sudah menjalankan tips di poin satu dan laptopmu masih berjalan lambat, cobalah untuk menekan opsi disk defragment. Prosesnya memang lama dan bisa memakan waktu seharian, tapi jangan khawatir karena efeknya bisa langsung terasa kok. Laptopmu tidak akan lemot lagi deh. (Tr)

Leave a Reply