Buah yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Hamil

Banyak yang menyarankan ibu hamil untuk menghindari berbagai makanan olahan yang dianggap berbahaya bagi janin dan hanya mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Misalnya saja seperti sayuran dan buah-buahan segar yang jelas mengandung beragam nutrisi penting dan bermanfaat untuk janin dan kesehatan ibu hamil. Namun pada kenyataannya tidak semua buah alami sehat untuk ibu hamil, loh. Anda tetap saja harus mengetahui terlebih dahulu apa saja senyawa yang terdapat di dalamnya dan efek dari senyawa tersebut terhadap kandungan.

pepaya muda
Source: sidomi

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda hindari selama masa kehamilan:

  • Buah pepaya muda

Mengonsumsi buah pepaya saat hamil memberikan berbagai efek positif terhadap perkembangan janin dan kesehatan ibu, seperti membantu pembetukkan organ penglihatan janin, meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan masih banyak lagi. Namun semua manfaat itu hanya bisa didapatkan jika Anda mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Sebab buah pepaya mentah mengandung zat lateks atau getah yang dapat memicu kontraksi.

  • Buah nanas

Buah nanas mengandung vitamin dan flavanoid yang dapat memberi efek mengurangi kecemasan. Namun nanas masih menjadi pro kontra untuk dikonsumsi saat hamil karena buah ini mengandung enzim bromelain dengan kadar yang cukup tinggi, terutama pada bagian tengah nanas. Enzim ini berdampak pada melunaknya leher rahim dan menimbulkan munculnya kontraksi sehingga berisiko menjadi penyebab keguguran, terutama ketika usia kandungan masih sangat muda. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang benar-benar membuktikannya, namun para ahli kesehatan menyarankan untuk konsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu sebelum konsumsi buah ini.

  • Buah Durian

Buah durian adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Namun bagi ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi buah ini karena buah ini memiliki kandungan alkohol dan alkohol merupakan zat yang sangat berbahaya bagi janin. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung asam arachidonat yang dapat merangsang terjadinya kontraksi.

Untuk buah nanas dan buah durian, cukup banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa mengonsumsi kedua buah ini masih aman selama tidak berlebihan. Namun untuk keamanan kandungan ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter kandungan yang menangani Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *