Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Cokelat?

Saat ini cukup banyak ibu hamil yang memanfaatkan cokelat sebagai cara mengatasi mual saat hamil. Ada yang mengonsumsinya secara langsung, namun banyak juga yang memilih cokelat dalam bentuk susu untuk kehamilan. Alasannya karena banyak yang merasa bahwa mual yang dialami mulai berkurang setelah mengonsumsi cokelat.

Benarkah demikian? Lalu, apakah aman bagi ibu hamil jika terus mengonsumsi cokelat?

ibu hamil mengonsumsi cokelat
Source: medicalnewstoday

Menurut Dokter Diana F Suganda Mkes SpGK dalam situs health detik, mengonsumsi cokelat untuk mengurangi rasa mual boleh-boleh saja. Sebab cokelat memang memiliki kandungan yang dapat mengatasi mual. Cokelat mampu memperlambat peristaltik pada lambung, yaitu gerakan otot-otot pada saluran pencernaan. Dengan melambatnya gerakan ini rasa mualpun akan berkurang.

Namun juga diingatkan bahwa dalam cokelat juga terkandung kafein. Dalam jumlah wajar, kafein sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh ibu hamil, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan akan berpotensi membahayakan janin. Sebab kafein mampu menembus plasenta ibu hamil dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Di sarankan ibu hamil tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari, sementara dalam 50 gram cokelat umumnya mengandung 25-50 mg cokelat. Artinya, ibu hamil hanya boleh mengonsumsi maksimal 200 gram cokelat dalam satu hari. Selain itu, jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi cokelat karena dapat menaikan asam lambung yang membuat perut terasa tidak nyaman.

Meskipun begitu, Anda yang memiliki masalah lambung dan ingin memanfaatkan cokelat untuk mengurangi rasa mual bisa mencoba dengan mengonsumsi susu hamil rasa cokelat. Cara ini cukup efektif dan cenderung lebih aman untuk ibu hamil dibandingkan dengan mengonsumsi cokelat secara langsung. Sebab aroma cokelat yang keluar saat menyeduh susu tersebut akan memberikan efek nyaman dan tenang pada tubuh dan otak. Efek tersebut akan membuat Ibu dapat beristirahat dengan baik sehingga tidak akan mengalami bahaya akibat begadang saat hamil karena mengalami insomnia.

Selain itu, dalam susu hamil terkandung berbagai nutrisi penting lainnya yang juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Jadi dengan mengonsumsi susu hamil rasa cokelat, ibu akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *