Bersihkan Tangki Bensin Motor Secara Rutin

Merawat mesin dengan menggunakan oli motor terbaik dan menjaga kebersihan motor dengan mencucinya secara rutin pasti sudah sering dilakukan oleh pemilik motor. Pada saat mencuci motor, baik mencucinya sendiri ataupun di tempat pencucian motor, umumnya kita akan terfokus pada kebersihan body, rantai, dan ban motor. Padahal, ada satu bagian lagi pada motor yang harus diperhatikan kebersihannya, yaitu tangki bensin. Sayangnya, banyak pengguna motor yang sering mengabaikan hal ini.bersihkan tangki motor

Sesuai dengan namanya, tangki bensin adalah komponen pada motor yang digunakan untuk menyimpan cadangan bensin yang akan digunakan oleh motor dalam sistem pembakarannya. Di dalam tangki ini, tidak hanya berisikan bensin saja, tetapi juga adanya udara dan uap dari bensin. Udara dan uap ini semakin lama akan menimbulkan embun yang menempel pada dinding tangki, dan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa mengering dan menimbulkan kerak. Kerak ini semakin lama akan menyebabkan korosi pada tangki, dan berakibat pada bocornya tangki bensin.

Selain masalah kerak ini, pada tangki bensin juga mungkin terdapat kotoran atau partikel-partikel lain yang tidak sengaja masuk pada saat kita mengisi bensin. Kotoran dan partikel yang dibiarkan terus, akan berisiko menyumbat saluran bensin dari tangki menuju ruang pembakaran. Hal ini tentunya akan sangat beresiko bagi mesin kita. Beberapa dampak yang bisa kita rasakan akibat penyumbatan ini yaitu mesin motor yang sering mati dengan sendirinya, atau mesin motor yang terkadang sulit untuk dinyalakan.

Untuk membersihkan tangki bensin ini sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit, hanya saja memang cukup memakan waktu dan tentunya kita harus berhati-hati saat membersihkannya, mengingat bensin adalah zat yang mudah terbakar. Jika ingin membersih kerak pada tangki bensin, kita harus mengosongkan tangki bensin terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan melepaskan tangki dari rangka motor. Kemudian, lepaskan keran dan pelampung bensin dengan kunci pas agar bensin dapat mengalir keluar. Agar aman dan tidak terbuang percuma, tampung bensin dalam ember bersih supaya bisa digunakan lagi.

Setelah tangki bensin terlepas, tutup seluruh lubang yang ada pada tangki dan kemudia masukkan bensin secukupnya (sekitar 1 atau 2 gelas) dan masukkan kelereng atau batu. Kocok tangki bensin agar seluruh kerak dapat terlepas dari dinding tangki. Kemudian, buang bensin yang ada dalam tangki tersebut.

Pada motor sport, melepaskan tangki bensin lebih mudah daripada tangki motor bebek atau motor injeksi. Jika kita merasa kesulitan atau takut terjadi kesalahan, tidak ada salahnya jika kita meminta bantuan bengkel langganan kita untuk melepaskan tangki sekaligus memasang dan men-setting-nya kembali setelah kita selesai membersihkan tangki. Selamat mencoba…! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *