Berhati-hati Menggunakan Kartu ATM atau Debit Card

Kartu ATM atau terkadang disebut sebagai debit card merupakan salah satu jenis kartu yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, kartu ini juga dianggap sangat penting dan bisa membuat panik ketika hilang. Memang, rata-rata data yang tercetak di atas kartu menggunakan printer dari toko jual printer ID Card tidaklah banyak, terkadang hanya nomor kartu ataupun nama. Namun, meskipun data yang tercetak pada kartu ini hanya berupa nomor kartu saja, namun data yang tersimpan dalam kartu sendiri merupakan data yang sangat berharga dan tidak boleh sembarangan dimanfaatkan oleh orang lain.Berhati-hati Menggunakan Kartu ATM atau Debit Card

Sebenarnya, untuk keamanannya sendiri kartu ini telah dilengkapi dengan sistem pengaman, berupa PIN (Personal Identification Number). Akan tetapi, bukan berarti kartu kita aman dan tidak bisa digunakan oleh orang lain ketika hilang loh. Tahu kenapa? Sebab, beberapa transaksi pembayaran dengan kartu ini menggunakan tanda tangan sebagai verivikasi datanya. Padahal, tanda tangan kita kan ada pada bagian belakang kartu, jadi bukan hal yang sulit kalau mau latihan untuk menirunya.

Cara satu-satunya untuk mengamankan data pada kartu ini adalah, dengan berhati-hati dalam penyimpanan dan menggunakan kartu ini, agar tidak sampai jatuh ke tangan orang lain. Untuk caranya sendiri, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Jangan asal menerima bantuan

Jika kamu masih belum paham betul bagaimana cara pengoperasian mesin ATM, akan lebih baik jika kamu meminta bantuan pada staff dari bank tempat kamu menabung. Jangan malu untuk bertanya, yang pada akhirnya justru bisa merugikan kamu sendiri. Sebab, orang seperti inilah yang sering menjadi sasaran empuk para oknum nakal. Ereka akan bertindak seolah menjadi dewa penolong bagimu yang sedang kebingungan. Padahal, terkadang bereka sudah memiliki rencana untuk menguras habis tabungan yang ada dalam rekeningmu tersebut.

  • Waspada saat menemukan hal yang tidak biasa

Jika kamu sering melakukan transaksi dengan ATM, baik untuk belanja maupun bertransaksi dengan mesin ATM, kamu pasti sudah hafal dong sistemnya. Jika suatu saat kamu menemukan hal yang aneh atau diluar dari biasanya, sebaiknya hentikan transaksi dan segera ambil kartu ATM.

  • Hafalkan atau simpan nomor center dari bank

Akan lebih baik jika kamu menyimpan nomer call center dari bank tempat kamu menabung. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan bantuan dari orang yang tepat. Sebab, mulai banyak oknum nakal yang merubah stiker nomor call center dengan nomor palsu, dan mereka akan berpura-pura membantu padahal sebenarnya menjebakmu. Akan tetapi, jika kamu sudah menyimpan nomor yang sebenarnya, kamu tidak akan lagi terjebak dengan tipuan ini. (Vita)

Leave a Reply