Berburu Kuliner di Salatiga

Setelah membahas makanan khas Cirebon, sekarang pengen ngebahas berbagai kuliner yang ada di Salatiga. Mungkin gak bisa kalo disebut makanan khas Salatiga, karena beberapa jenis makanan ini sebenarnya bisa ditemui di berbagai daerah lain di luar Salatiga. Tapi, kalo kita main ke kota ini dan gak mencoba beberapa makanan ini, di jamin rugi deh.Berburu Kuliner di Salatiga

Yuks langsung kita mulai aja …

  • Bakso ABC

Nama warung bakso ini sendiri sebenarnya adalah “Sari Roso”, tapi karena lokasinya yang berada dekat dengan pertigaan ABC (salah satu landmark terkenal di kota Salatiga), membuat warung bakso ini terkenal dengan nama Bakso ABC. Makan bakso ABC tidak akan lengkap rasanya bila tidak dilengkapi dengan gorengan tahu bakso. Bahkan, tahu goreng yang berisikan bakso ini rasanya tetap nikmat loh meski tidak dinikmati bersama bakso kuahnya. Jadi, kalianbisa membeli gorengan tahu bakso ini untuk bekal perjalanan atau untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

  • Bakso Planet

Meskipun namanya bakso planet, tapi bukan berarti bakso ini berbentuk seperti planet atau berukuran seperti planet yah. Mungkin persamaannya dengan planet hanyalah bentuknya yang sama-sama bulat. Warung bakso ini berlokasi di JL. Sukowati No. 40, Salatiga. Tempatnya cukup luas, dan menawarkan cukup banyak menu selain bakso sebagai menu utamanya.

  • Soto Rumput

Soto rumput adalah soto yang berasal dari Boyolali, yang melebarkan sayapnya ke beberapa kota di sekitarnya, salah satunya yaitu Salatiga. Ada banyak pilihan menu yang ditawarkan, yaitu soto daging, soto ayam, soto campur, soto jeroan, dan lain sebagainya. Meskipun isi campuran dari soto ini tidak terlalu banyak, tapi kita tidak perlu khawatir karena terdapat banyak sekali tambahan menu yang tersaji di meja dan dapat kita pilih. Kalo aku sendiri, biasanya suka sate babat atau sate paru. Untuk yang gak suka jeroan, masih ada pilihan lainnya seperti sate telur puyuh.

  • Soto Esto

Warung soto yang berlokasi di JL. Langensuko No. 4, Salatiga ini menyajikan soto yang menggunakan santan, sehingga kuahnya tidak bening seperti kuah soto lainnya. Aku sendiri biasanya gak suka dengan soto yang menggunakan santan, tapi untuk soto esto ini termasuk pengecualian. Rasa soto ini semakin nikmat karena diberikan taburan karak dibagian atas sotonya, tapi kalo kita ingin karak yang masih renyah, kita bisa meminta untuk disajikan secara terpisah.

  • Sate Sapi Suruh

Warung sate ini berlokasi di JL. Jendral Sudirman depan ruko pasar salatiga. Sate sapi suruh ini sangat terkenal, karena rasanya yang nikmat dan juga harga yang cukup terjangkau. Selain itu, karena lokasinya yang mudah terjangkau membuat konsumen tidak perlu susah-susah mencari warung makan ini. Selain menyajikan sate sapi suruh, warung ini juga menyajikan menu lain yaitu bakso.

Nah, sekian dulu pembahasan kuliner di Salatiga kali ini. Untuk kalian yang berasal dari Salatiga dan ingin menambahkan dipersilahkan yah…. (Vita)

2 thoughts on “Berburu Kuliner di Salatiga

Leave a Reply