Berbagai Kategori Novel (My Version)

Dulu, bisa betah ber jam-jam di toko buku buat ngeliat koleksi buku yang baru aja terbit. Tapi sekarang gak perlu lagi, karena dengan menggunakan Internet Rumah Murah aku bisa bebas ngecek semua buku yang baru aja terbit. Ditambah lagi, kadang toko buku online ini suka ngasih promo harga lebih murah + tanda tangan penulis kalau kita beli pre order. Hmm… menarik kan. Berbagai Kategori Novel (My Version)

Nah, untuk kalian yang hobi baca buku, pasti deh punya banyak koleksi buku di rumah, sama kayak aku. Tapi, buku yang aku punya aku bagi ke kategori yang mungkin beda sama kategori buku kalian. Soalnya, aku bikin kategori ini menurut versi aku sendiri.

  • Cover

Apa yang pertama bikin kamu pengen beli suatu buku? Kalo aku pribadi sih, karena melihat covernya. Cover yang aku suka itu gambar yang terkesan dark, misterius, dan rada kelam. Begitu nemuin novel dengan cover kayak gitu, pasti deh langsung meluncur untuk baca lengkap sinopsis dan review orang. Beberapa novel yang langsung bikin aku tertarik beli begitu lihat covernya yaitu Dan Hujan pun Berhenti, Doki Doki Game (Start dan Over), dan Dark Memories.

  • Sinopsis

Setelah lihat cover, pasti dong kamu akan baca sinopsisnya secara lengkap sebelum mutusin untuk beli suatu buku. Kadang, aku juga beli buku meskipun covernya kurang menarik atau kurang sesuai dengan seleraku, tapi sinopsisnya kelihatan menarik. Biasanya, aku suka dengan sinopsi yang terkesan misterius, gak bisa ditebak, dan lebih seru kalo terkesan sad ending. Kenapa aku suka sad ending? Karena gak semua orang mendapatkan akhir yang bahagia di hidupnya, jadi menurut aku buku yang akhirnya terlalu happy ending itu agak menjual mimpi. (maaf ya kalo ada yang gak setuju… hehehe)

  • Cerita

Oke, point penting dari sebuah buku adalah jalan ceritanya. Novel yang memiliki cerita standar dengan akhir yang bisa ditebak, jelas bukan termasuk novel favorit aku. Sayangnya, susah untuk menemukan novel yang gak seperti itu, karena rata-rata cerita dalam novel sudah gampang ditebak akhir ceritanya. Tapi… kalau penulis bisa mengemasnya dengan menyembunyikan sebuah rahasia dari tokoh utama yang akan terungkap di bagian tengah cerita, bisa jadi ceritanya akan jauh lebih menarik. Yah, memang sih menulis itu susah, makanya aku salut banget sama penulis yang bisa menulis sebuah novel dengan ide yang original dan gak pasaran.

Agak susah memang mencari novel yang memenuhi kategori di atas, cover dan sinopsis menarik dan cerita yang bagus. Makanya, seringkali ada novel yang udah aku beli tapi berhenti ku baca karena ternyata jalan ceritanya terlalu mudah di tebak. Atau, gaya penulisannya yang kurang baik dan terkesan membosankan.

Sekali lagi, ini pendapatku yah, jadi silakan kalian yang menilai, setuju atau gak dengan hal ini. 🙂 (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *