Beragam Makanan Khas Imlek dan Maknanya

Sudah menjelang perayaan imlek, pasti banyak yang menyambut gembira. Baik yang merayakan tahun baru ini, ataupun yang tidak merayakannya. Sebab, selain ada banyak promo imlek di blanja, menjelang hari imlek juga ada banyak sekali makanan yang pastinya enak. Yap, memang ada beberapa makanan yang hanya ada pada saat imlek saja, ataupun rasanya lebih enak ketika menjelang imlek. Berbeda dengan pada hari biasa. Sebab itulah, hari imlek menjadi hari yang cukup istimewa bagi banyak orang.Makanan Khas Imlek

Mungkin kamu termasuk orang yang menyambut hari besar ini, atau menyambut makanannya? 😀 . Nah, kalau kamu termasuk tipe yang ke-2 mungkin kamu tidak peduli apapun, yang penting makanan yang kamu suka tersedia di meja dan bisa kamu nikmati. Padahal, bagi masyarakat yang merayakan Imlek, semua makanan yang disajikan saat perayaan tersebut ada maknanya loh. Jadi, bukan asal memilih makanan saja. Mau tahu apa saja maknanya? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Kue keranjang

Kue berbentuk bulat dan berwarna cokelat ini mirip seperti dodol. Sebab itulah, sering disebut dodol china. Kue ini digunakan untuk upacara sembahyang pada leluhur. Bentuknya yang bulat melambangkan doa dan harapan agar keluarga tersebut dapat hidup rukun dan bersatu dalam menghadapi apapun selama setahun ke depan. Sementara itu, bentuknya yang semakin kecil ke atas dilambangkan sebagai peningkatan rejeki. Teksturnya yang lengket merupakan lambang dari kedekatan antar anggota keluarga.

  • Lapis legit

Bentuk kue yang berlapis-lapis ini, merupakan doa agar di tahun tersebut rejeki yang datang akan berlapis-lapis dan kehidupan juga terasa lebih manis dari tahun sebelumnya.

  • Jeruk mandarin

Ini adalah buah yang terkenal lebih manis menjelang imlek, dan rasanya biasa saja ketika di hari biasa. Jeruk mandarin yang disajikan untuk perayaan imlek biasanya tidak sembarangan, melainkan buah yang masih memiliki batang dengan 2 lembar daun di batang tersebut. Warna kuning keemasan pada jeruk ini melambangkan kemakmuran dan kekayaan yang akan selalu tumbuh.

  • Kue mangkok

Kue mangkok yang berbentuk seperti bunga yang sedang mekar, merupakan lambang atau doa agar rejeki di tahun tersebut akan terus mekar. Selain itu, kue mangkok yang disajikan pada perayaan imlek biasanya berwarna merah, yang merupakan warna khas imlek.

  • Siu Mie

Mie ini juga dikenal dengan mie panjang, sebab panjang mie ini berbeda dengan mie biasa pada umumnya. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mudah putus. Mie ini merupakan simbol umur yang panjang, rejeki melimpah, dan kebahagiaan.

  • Teh telur

Pasti bingung yah, bagaimana ya rasanya teh yang direbus bersama dengan telur? Untuk kamu yang tidak suka dengan telur, mungkin tidak tertarik mencoba. Akan tetapi, bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba, rasa makanan ini dijamin nggak akan membuatmu menyesal. Teh telur ini merupakan lambang dari kesuburan.

  • Ikan, Bebek

Ikan yang biasanya disajikan untuk imlek adalah ikan mas, bandeng atau salmon. Kehadiran ikan dalam sajian imlek ini didasarkan dari namanya, yang jika dilafalkan dalam bahasa China, yaitu Yu yang artinya sama dengan berkelimpahan. Sementara itu, bebek utuh merupakan lambang dari kesetiaan dan ketaatan.

  • Lobak

Lobak merupakan sebuah simbol atau harapan agar mendapatkan keberuntungan di tahun yang akan dijalani nanti.

promo imlek blanja

Sebenarnya masih ada beberapa makanan lainnya. Tapi, kalau dibahas semua beberapa halaman juga mungkin nggak cukup. Hehehe

Nah, kalau kamu, apa makanan imlek favoritmu? Apa ada dalam daftar di atas? Kalau tidak ada, apa kamu tahu makna dari makanan favoritmu tersebut? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *