Benarkah Stres Menyebabkan Sakit Maag Kambuh?

Saat ini, semakin banyak orang yang memiliki riwayat penyakit maag. Pada umumnya penyakit ini muncul akibat pola makan yang tidak teratur dan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Meskipun mereka sudah mengetahui penyebabnya, nyatanya masih banyak juga yang lebih memilih untuk mengonsumsi obat penyakit lambung seperti PROMAG TABLET daripada menghindari faktor penyebabnya. apalagi, setelah melihat beberapa orang di sekitarnya yang tetap saja terkena penyakit ini meskipun sudah menjaga pola serta jenis makanannya.stres

Mungkin Anda sering bertanya, kok bisa ya hal tersebut terjadi? Tentu saja bisa, karena sakit maag juga bisa kambuh karena penyebab lainnya, salah satunya yaitu stres. Untuk mengetahui lebih jelas hubungan antara stres dan sakit maag, berikut ini penjelasannya berdasarkan situs klikdokter:

Di dalam organ lambung, ada keseimbangan antara faktor perusak dan penjaga. Perusak yang dimaksud adalah asam lambung yang memiliki pH=2 dan dapat merusak dinding lambung. Penjaga inilah yang bertugas untuk melindungi dinding lambung dari asam lambung, yaitu berupa ribuan sel lendir dan kelenjar yang terus diproduksi untuk melapisi dinding lambung. Produksi sel lendir tersebut dipengaruhi oleh zat yang disebut prostaglandin, nitrit oksida, dan beberapa zat lainnya. Dalam kondisi normal, baik produksi asam lambung maupun sel lendir dan kelenjar ini berada dalam jumlah yang seimbang sehingga asam lambung tidak dapat melukai dinding lambung. Namun, keseimbangan tersebut akan terganggu saat seseorang mengalami stres.

  • Berdasarkan penelitian yang dilakukan para aahli, ditemukan bahwa stres dapat merangsang otak pada area tertentu yang meningkatkan sensitivitas seseorang terhadap rasa nyeri. Akibatnya, meskipun peningkatan produksi asam lambung tidak terjadi secara signifikan, Anda akan merasa nyeri lebih sakit daripada kondisi normal.
  • Stres dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin dalam tubuh. Padahal, hormon ini berfungsi untuk bantu memperkuat penjaga (sel lendir dan kelenjar) yang melindungi dinding lambung.
  • Stres memengaruhi sistem saraf simpatis yang menyebabkan vasokonstriksi pembuluh darah. Akibatnya, pasokan darah berkurang dan berdampak pada rusaknya sel-sel lapisan mukosa.

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Itu adalah hal yang wajar dan terkadang tidak daopat dihindari. Namun, mencari penyelesaian yang tepat dan segera adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, stres tidak hanya dapat membuat Anda terkena masalah kesehatan secara psikis saja, tetapi juga masalah kesehatan fisik seperti sakit maag dan penyakit lainnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *