makanan sehat

Benarkah Makanan Dapat Mempengaruhi Kualitas ASI?

Setelah menjalani proses persalinan, perjuangan Anda sebagai seorang ibu belum selesai, tetapi justru baru saja dimulai. Jika selama masa kehamilan Anda mengonsumsi susu kehamilan demi memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janin, setelah persalinan Anda sebaiknya tetap melanjutkannya dengan susu ibu menyusui. Susu ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu produksi ASI sehingga proses menyusui berjalan lancar.

makanan sehat
Source: comparethemarket

Lalu bagaimana dengan makanan? Apakah benar makanan dapat mempengaruhi produksi dan kualitas ASI? Sebab banyak yang menghindari makanan pedas saat masa menyusui karena dipercaya dapat menyebabkan bayi mengalami diare. Atau jika ibu menyusui mengonsumsi minuman dingin akan membuat bayi menjadi flu.

Menurut situs alodokter, ASI memang dipengaruhi oleh kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh Anda selama masa menyusui. Untuk itu, banyak yang menyarankan bahwa Ibu sebaiknya jangan mengonsumsi beberapa makanan ini saat menyusui. Namun yang perlu diperhatikan, nilai gizi dari makananlah yang mempengaruhi ASI, bukan rasanya. Mengenai bayi yang akan flu jika Anda mengonsumsi minuman dingin dan kemudian menyusui, itu hanyalah mitos. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah pastikan bahwa air dan es batu yang Anda konsumsi higienis dan es batu benar-benar terbuat dari air matang.

Lalu bagaimana dengan makanan pedas? Ibu menyusui boleh saja mengonsumsi makanan pedas karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa capsaicin (kandungan yang terdapat pada cabai) dapat memberi pengaruh negatif pada kualitas ASI. Meskipun begitu ada baiknya jika Anda tetap membatasi konsumsi pedas dan perhatikan kondisi bayi setelah pemberian ASI. Sebab ada beberapa bayi yang cukup sensitif sehingga merasakan beberapa efek setelahnya.

Selain itu disarankan bagi Anda untuk menghindari atau setidaknya membatasi konsumsi makanan siap saji atau fast food. Sebab makanan ini memiliki kandungan gizi yang sedikit, namun memiliki kandungan kalori, garam,  dan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan bayi mengalami obesitas.

Ibu boleh mengonsumsi makanan apapun selama masa menyusui, karena pada masa ini sebenarnya merupakan awal mula bayi mengenal berbagai rasa. Selain itu pada masa ini juga terkadang akan mulai ditemukan adanya alergi tertentu pada bayi. Sehingga diharapkan bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Namun tetap perhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *