Begini Nih Orang Dulu Merawat Batik Kesayangan Mereka

Percuma jika Anda membeli model baju batik modern namun Anda salah dalam mencuci dan merawatnya. Sekalipun model baju batik Anda sudah modern, sebaiknya cara perawatannya yang kuno saja. Ikuti saja apa yang orang dulu lakukan. Dulu tidak ada deterjen dan batik mereka tetap bersih.

Ada satu hal yang harus Anda ketahui. Justru mencuci kain batik dengan menggunakan deterjen itu tidak diperbolehkan. Deterjen bisa membuat serat kain rusak dan batik menjadi luntur. Jadi, sangat tepat jika Anda lihat bagaimana orang dulu membersihkan baju batik mereka.

Ramuan Untuk Mencuci Batik

Cuci BatikAda dua ramuan yang bisa Anda gunakan. Yang pertama ramuan yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan bahan berupa garam saja. Jadi, Anda hanya perlu merendam batik di dalam air sekitar 1 liter yang sudah dicampur dengan 3 sendok garam. Rendam kurang lebih 1 atau 2 jam. Setelah itu, cuci dengan menggunakan shampoo agar tidak bau.

Ramuan yang kedua sedikit lebih rumit. Ini dilakukan untuk menjaga motif batik dan warnanya tetap terjaga. Pertama-tamnya, Anda harus mencari biji lerak terlebih dahulu. Biji ternyata bisa menghasilkan busa layaknya deterjen. Pasalnya, di dalam biji lerak, terdapat kandungan yang disebut dengan sapolin. Cukup rendam batik ke dalam air yang sudah dicampur dengan biji lerak.

Mana cara yang ingin Anda coba? Untuk perawatan harian, Anda bisa gunakan cara yang pertama. Namun, jika terdapat noda pada baju batik Anda, Anda sebaiknya menggunakan cara yang kedua.

Setelah Anda mencuci batik Anda tersebut, keringkan dengan menjemur di tempat yang rindang. Tidak disarankan menjemur batik di bawah terik sinar matahari. Akan lebih baik jika hembusan angin saja yang mengeringkan batik Anda. Jadi, tempat yang paling tepat untuk menjemur batik adalah tempat yang rindang dan terbuka.

Batik tidak akan kusam dan warnanya luntur jika Anda mencucinya dengan menerapkan langkah-langkah tersebut. Tidak yang khusus dalam merawat batik. Khusus untuk batik tulis, tentu Anda tidak mau asal-asalan dalam proses pencuciannya, bukan? Kalaupun Anda ingin laundry yang mencuci batik Anda tersebut, pastikan petugas laundry tahu persis bagaimana cara mencuci batik yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *