Beberapa Jenis Phobia Unik

Kamu pasti pernah melihat seseorang takut dengan suatu hal yang tidak umum. Misalnya, takut dengan suatu jenis makanan tertentu. Padahal, makanan itu kan bukan benda hidup, jadi tidak mungkin menyakiti kita. Namun kenyataannya, cukup banyak loh

Phobia
Source: selfhealinginstitute.com

orang yang mengalami phobia ini. Beberapa sudah merasa lebih baik setelah berkonsultasi dengan psikiater. Namun, banyak juga yang memilih mengabaikannya dan tidak melakukan konsultasi karena biaya konsultasi yang tidak murah, dan masalah ini tidak ditanggung asuransi kesehatan.

Memang, orang yang mengalami phobia ini terkadang menjadi tidak rasional, karena takut dengan hal-hal yang sama sekali tidak berbahaya. Misalnya saja, seperti ephebiphobia yang merupakan phobia terhadap remaja. Selain itu, masih banyak sekali jenis dari phobia unik ini, diantaranya:

  • Monophobia

Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan akut akan sendirian. Seseorang yang mengalami monophobia ini akan menuntut adanya seseorang di sekitarnya. Untuk jangkauannya sendiri cukup beragam, bisa satu rumah, atau yang paling akut yaitu seruangan. Mengapa paling akut? Sebab, seseorang dalam kondisi ini harus tetap ditemani meskipun sedang berada di toilet (karena harus satu ruangan).

  • Aphenphosmphobia

Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan akan sentuhan, ataupun hubungan yang cukup dekat dengan seseorang. Inilah sebabnya, orang yang menderita aphenphosmphobia juga sering mengalami philophobia atau takut akan cinta. Lebih parahnya lagi, orang yang mengalami aphenphosmphobia ini juga merasa takut kedekatan dengan saudara dan orangtuanya.

  • Anthropophobia

Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami takut terhadap orang lain. Agak sedikit mirip dengan social phobia, namun perbedaan yang paling mendasar pada keduanya yaitu, biasanya penderita social phobia akan takut terhadap sosial dalam situasi tertentu, sementara untuk anthropophobia ini rasa takut terdapat orang lain muncul disemua situasi.

  • Achievemephobia

Memperoleh kesuksesan mungkin harapan banyak orang, namun tidak dengan penderita achievemephobia, sebab ini adalah kondisi dimana seseorang takut akan sukses. Akibatnya, seseorang akan merasa nyaman dengan posisinya sekarang dan tidak berusaha untuk mencari kesempatan yang lebih baik.

  • Androphobia

Ini adalah kondisi dimana seseorang merasa takut dengan pria. Pada umumnya, phobia ini menyerang seorang wanita berusia muda, namun sekarang juga ditemukan pada wanita dewasa dan bahkan juga ditemukan pada seorang pria. Orang yang menderita phobia ini akan menolak dan merasa ketakutan ketika ditinggalkan sendirian bersama seorang pria, meskipun orang tersebut adalah saudaranya sendiri.

  • Philopobhia

Ini adalah kondisi dimana seseorang merasa takut akan perasaan cinta. Tidak hanya cinta pada lawan jenis saja, tetapi juga keterikatan emosional yang terjalin antara sang penderita dengan keluarga, kerabat, dan orang di sekitarnya. Padahal, untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, hubungan emosional ini sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya, seseorang dengan kondisi ini cenderung mengabaikan orang disekitarnya dan menjadi terasing. (Vita)

Leave a Reply