bawang putih

Bawang Putih Untuk Menurunkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya saja seperti kandungan arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga dipercaya dapat bermanfaat sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami, jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat dan cara yang benar. Namun, apakah hal tersebut sebuah fakta? Ataukah termasuk ke dalam salah satu mitos mengenai kolesterol?

bawang putih
Source: healthline

Ternyata, menurut situs AloDokter, sampai saat ini belum ada penelitian medis yang benar-benar menunjukkan bahwa bumbu makanan ini bisa bermanfaat menurunkan kolesterol. Hal inipun diperkuat dengan penjelasan Dr. Muhammad Anwar Irzan dalam  situs klikDokter, yang mengatakan bahwa sebuah studi yang belum lama dilakukan menunjukkan bahwa bawang putih tidak mampu memperbaiki kadar kolesterol seseorang.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan hampir 200 orang dewasa yang memiliki masalah kolesterol jahat (LDL) tinggi. Mereka diuji menggunakan bawang putih mentah dan juga suplemen bawang putih. Setelah enam bulan pemantauan, didapatkan hasil bahwa tidak ada penurunan pada kadar kolesterol mereka, baik kolesterol baik maupun kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mereka yang mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen dengan dosis yang wajar, bahkan tidak menunjukkan reaksi apapun pada kadar lemak darahnya. Dari hasil penelitian tersebut, bisa didapatkan keesimpulan bahwa konsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol hanyalah mitos.

Meskipun begitu, bukan berarti bawang putih tidak bermanfaat ya. Sebab, seperti yang telah disebutkan di atas, bawang putih mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti:

  1. Anti radang
  2. Anti infeksi
  3. Meurunkan risiko kanker
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Menurunkan risiko penyakit jantung
  6. Menurunkan risiko stroke

Lalu, bagaimana jika Anda mengalami hipeerkolesterolemia atau kolesterol tinggi? Tentu saja Anda tetap boleh mengonsumsi bawang putih. Namun, untuk manfaat menurunkan kolesterolnya, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan lainnya untuk digabungkan dengan bawang putih. Misalnya dengan membuat tumis okra menggunakan bawang putih. Sebab, okra adalah salah satu sayuran yang terbukti mampu menurunkan kolesterol secara alami. Dengan membuat masakan berbahan dasar okra dan bawang putih, Anda akan bisa mendapatkan manfaat dari okra untuk menurunkan kolesterol dan sekaligus manfaat bawang putih. Namun, tetap batasi konsumsi bawang putih ya. Sebab bawang putih dapat memberi efek samping bau mulut dan bau badan. Tentunya Anda tidak mau mengalaminya, kan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *