Awas, Jangan Asal Saat Membeli Asuransi

Saat ini, semua hal bisa dilakukan melalui internet. Mulai dari melihat daftar kuliner halal di Nami Island buat kamu yang ingin liburan ke Korea Selatan, hingga untuk beli asuransi online. Kamu hanya perlu memilih perusahaan asuransi yang menurutmu paling tepat, memilih jenis asuransi yang diinginkan, dan kemudian langsung membelinya via online.

asuransi
Source: murrayins

Kemudahan ini tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, kamu jadi mudah membeli asuransi tanpa repot pergi ke manapun atau menghubungi agen asuransi yang bersangkutan. Namun karena terlalu mudahnya, terkadang membuatmu asal saja membeli asuransi tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Akibatnya, kamu cenderung melakukan beberapa kesalahan berikut ini:

  • Membeli asuransi yang tidak dibutuhkan

Hanya berpikir keuntungan dari asuransi yang dibeli akan membuatmu menyesal kemudian. Jangan lupa, semakin banyak jenis polis asuransi yang kamu miliki, akan semakin banyak juga biaya premi yang harus dibayarkan. Jangan sampai kamu justru menjadi stres sendiri memikirkan bagaimana cara membayar semua premi tersebut.

  • Salah memilih perusahaan asuransi

Saat ini ada cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk sejenis, namun dengan UP dan premi yang berbeda-beda. Banyak orang yang hanya terfokus pada perbandingan UP dan premi ini tanpa terlalu berpikir mengenai kualitas perusahaan asuransinya sendiri. Sementara itu, website hanya menjelaskan mengenai kedua hal tersebut tanpa menjelaskan hal-hal lain mengenai polis. Namun karena kamu terfokus pada kedua hal tersebut, kamu jadi tidak peduli yang penting UP yang kamu terima tinggi dengan biaya premi yang rendah.

  • Salah memilih jenis asuransi

Setiap asuransi memiliki fungsinya masing-masing. Mungkin untuk asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi harta benda, dan asuransi kesehatan sudah terlihat jelas perbedaannya. Namun, banyak yang mengira bahwa penyakit kritis bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan biasa. Padahal, untuk dapat tanggungan biaya pengobatan penyakit kritis, perusahaan asuransi memiliki sebuah produk khusus yaitu asuransi penyakit kritis yang umumnya dijadikan rider asuransi jiwa.

  • Tidak tahu apapun mengenai polis yang dibeli

Ini salah satu hal yang banyak dialami oleh para pembeli asuransi online. Mereka jarang memperhatikan apa saja isi polis asuransinya, dan hanya terfokus pada UP dan premi. Ketika suatu saat musibah terjadi dan ingin mengajukan klaim, barulah sibuk membaca polis dan merasa tertipu ketika ternyata musibah tersebut termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan.

Sebenarnya, membeli asuransi secara online boleh saja. Namun pastikan untuk melakukan konsultasi sedetail mungkin dengan agen asuransi agar semua kesalahan di atas dapat dihindari dan kamu tidak akan merasa menyesal. (Vita)

1 thought on “Awas, Jangan Asal Saat Membeli Asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *