Aturan Saat Berendam di Onsen

Untuk kalian penggemar apapun yang berbau Jepang, seperti dorama, anime atau manga, pasti sudah tidak asing dengan istilah onsen. Istilah ini digunakan untuk tempat pemandian air panas umum. Pada onsen, panas air Aturan Saat Berendam di Onsendidapatkan secara alami, tidak menggunakan water heater atau pemanas air buatan. Panas pada air di Onsen ini berasal dari dua sumber, yaitu magma yang berasal dari gunung berapi dan panas yang bukan dari gunung berapi.

Onsen sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu onsen yang tidak memiliki penginapan dan onsen yang dilengkapi dengan penginapan (penginapan onsen). Namun, seperti apapun bentuknya, sebagian besar aturan yang berlaku pada onsen ini tetaplah sama, yaitu:

  • Setiap pengunjung yang datang, wajib untuk melepaskan alas kaki. Hal ini merupakan aturan umum yang berlaku di Jepang. Tidak hanya di onsen saja, tapi juga berlaku untuk beberapa tempat umum lain di Jepang.
  • Sebagian besar onsen memisahkan antara onsen untuk laki-laki dan untuk perempuan, begitupula dengan tempat untuk berganti pakaian. Sangat dilarang bagi seorang laki-laki masuk ke wilayah onsen atau tempat berganti baju perempuan, ataupun sebaliknya. Namun, karena kebanyakan onsen memberikan keterangan dengan tulisan Jepang atau kanji, sehingga banyak turis yang tidak memahami artinya.
  • Pemisahan antara onsen laki-laki dan perempuan, terkait dengan peraturan yang mewajibkan setiap pengunjung untuk telanjang saat memasuki onsen. Karena itulah, akan sangat berbahaya jika ada pengunjung laki-laki yang memasuki wilayah onsen perempuan.
  • Meskipun sebagian besar onsen memisahkan pengunjungnya berdasarkan gender, namun ada beberapa onsen yang mencampurkan pengunjung laki-laki dan perempuan. Tentunya, pada onsen ini pengunjung justru dilarang keras untuk memasuki onsen dalam kondisi telanjang. Biasanya, pihak onsen akan menyediakan pakaian khusus yang akan digunakan oleh pengunjung saat berendam. Jika ada pengunjung yang masuk ke dalam onsen dalam kondisi telanjang, maka akan langsung di usir.
  • Sebelum pengunjung masuk ke dalam kolam onsen, wajib untuk mandi terlebih dahulu di shower yang telah disediakan. Tujuannya, agar seluruh kotoran yang menempel dalam tubuh hilang, dan air onsen akan terjaga kebersihannya.

Informasi mengenai aturan onsen ini mungkin tidak bermanfaat selama kita tinggal di Indonesia, namun akan berguna jika nanti suatu saat kalian memiliki kesempatan ke Jepang, dan berminat untuk mengunjungi onsen. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *