Atasi Sakit Maag Sebelum Berkembang Menjadi Kronis

Siapa yang tidak mengenal gastritis alias sakit maag? Penyakit yang biasanya kambuh karena pola makan yang tidak teratur ini sebenarnya bisa diatasi dengan obat maag biasa tanpa harus melakukan konsultasi ke dokter. Akan tetapi hal tersebut tidak akan bisa kamu lakukan jika maag yang kamu derita sudah kronis. Sebab obat maag kronis tidak bisa kamu dapatkan sembarangan tanpa resep dokter. Tidak hanya itu, seseorang yang sudah memiliki riwayat maag kronis juga cenderung diminta untuk menjaga makannya, baik jadwal maupun menu.

maag kronis
Source: medexpressrx.com

Tentunya kamu tidak mau dong dibatasi seperti itu? Apalagi jika kamu adalah pecinta makanan pedas dan asam, dua jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dijauhi oleh penderita maag. Nah supaya kamu tidak mengalami masalah maag kronis, berikut ini adalah cara untuk mencegahnya:

  • Batasi konsumsi kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat. Sebab kafein merupakan salah satu zat yang menyebabkan munculnya sakit maag.
  • Mengatur jadwal makan dan patuhi jadwal makan tersebut. Selain itu, disarankan untuk mengatur jadwal makan dengan jumlah yang lebih banyak namun porsi yang lebih kecil. Misalnya biasanya kamu mengonsumsi makanan utama 3 kali dalam porsi besar, ubahlah menjadi 5 kali sehari dalam porsi kecil.
  • Segera atasi stres karena stres berkepanjangan dapat menyebabkan kambuhnya maag. Apalagi jika stres disertai dengan bertambahnya atau menurunnya nafsu makan secara drastis.
  • Jika maag muncul akibat konsumsi suatu obat tertentu secara berkala karena memang dibutuhkan, kamu bisa berkonsultasi pada dokter yang menangani penyakitmu untuk mengganti obatnya atau mencari cara mengatasinya.

Untuk beberapa makanan atau minuman yang berisiko menyebabkan kambuhnya maag, kamu tetap bisa mengonsumsinya selama maag sedang tidak kambuh. Misalnya seperti kafein, makanan pedas, dan makanan asam. Hanya saja tetap batasi konsumsinya. Selain itu segera konsumsi obat maag jika kamu mulai merasakan gejala maag dan segera periksakan ke dokter jika obat maag tetap tidak menyembuhkan sakitmu. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, maka maagmu tidak akan berkembang menjadi kronis. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *