Atasi Mesin Cepat Panas Pada Motor Matic

Dulu banyak orang yang menolak motor dengan transmisi matic karena merasa repot dan terlalu berat untuk perawatannya. Namun perubahan situasi dan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini membuat penggemar motor ini justru ssemakin bertambah. Apalagi saat ini produsen oli motor banyak yang mulai menyediakan oli motor matic dengan formula khusus untuk menjaga keawetan mesin motor.

mesin motor matic
Source: otomaniac

Meskipun begitu, ada satu masalah yang membuat para pengguna motor matic ini merasa terganggu yaitu mesin yang cepat panas. Yap, dibandingkan dengan motor biasa dengan transmisi manual, mesin motor matic ini memang cenderung lebih mudah panas. Akibatnya akan membuat performa motor menjadi berkurang. Selain itu, jika mesin ini terlalu panas dan tidak diatasi dengan cara yang tepat, maka bisa memengaruhi keawetan komponen lainnya.

Untuk mengatasi panas pada motor matic ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu lebih memerhatikan kondisi motor Anda dan beberapa komponennya, di antaranya:

  • Kinerja kipas

Ada sebuah kipas khusus yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan mesin. Pastikan bahwa kipas ini bekerja dengan sempurna sebelum bepergian. Sebab jika kipas ini mengalami masalah pada kinerjanya, maka tidak ada yang membantu proses pendinginan ini sehingga mesin mudah panas.

  • Cairan pendingin

Sama halnya dengan kipas pendingin, Anda juga harus memastikan bahwa cairan pendingin atau radiator ini masih cukup banyak dan berada pada batasan yang disarrankan. Normalnya, cairan radiator ini tidak akan habis secara cepat jika tidak terdapat kebocoran. Jadi, jika cairan radiator ini berkurang terlalu cepat dalam jumlah yang tidak wajar, maka segera lakukan pengecekan karena kemungkinan ada sebuah kebocoran pada kabel atau komponen yang berhubungan dengan radiator.

  • Waktu penggantian oli

Banyak yang suka mengabaikan waktu penggantian oli, atau tidak mengganti oli meskipun sudah memasuki waktu yang ditetapkan. Hal ini akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas karena oli yang bertugas mengurangi daya gesek kehilangan fungsinya. Akibatnya daya gesek mesin akan tinggi dan jika hal ini dibiarkan terlalu lama, akan membuat komponen mesin yang saling bergesekan ini semakin mudah rusak.

  • Jenis oli

Penting sekali untuk memilih oli yang tepat untuk mencegah mesin overheat atau cepat panas pada motor. Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, saat ini terdapat oli khusus yang diproduksi untuk motor mati. Di dalam oli ini, terdapat formula khusus yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga keawetan mesin tetapi juga untuk mengurangi panas pada mesin.

Dengan memerhatikan keempat poin di atas, maka panas pada mesin motor akan teratasi agar tetap berada dalam batas yang wajar. (Vita)

Leave a Reply