Asuransi Kesehatan Tidak Sama Dengan Asuransi Penyakit Kritis

Biaya pengobatan saat ini semakin mahal. Itulah alasannya mengapa semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat asuransi kesehatan keluarga. Tidak heran asuransi ini menjadi salah satu jenis asuransi yang ada di Indonesia yang paling banyak diminati. Dengan asuransi ini, Anda tidak hanya memberikan jaminan untuk Anda saja tetapi juga untuk anggota keluarga Anda. Jadi, kapanpun Anda atau anggota keluarga yang terdaftar dalam polis jatuh sakit, akan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik tanpa perlu lagi pusing memikirkan biaya.

asuransi kesehatan
Source: rand

Akan tetapi, ada cukup banyak orang yang salah memahami asuransi kesehatan ini. Mereka mengira bahwa dengan menggunakan asuransi ini, artinya perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya pengobatan untuk semua jenis penyakit, termasuk penyakit kritis. Padahal sebenarnya tidak seperti itu karena asuransi kesehatan dengan asuransi penyakit kritis itu berbeda.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas ya!

  • Asuransi kesehatan

Asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan Anda dan keluarga yang namanya tercantum dalam polis ketika jatuh sakit. Namun umumnya biaya yang ditanggung adalah untuk pengobatan penyakit yang tidak termasuk kategori penyakit kritis dan jumlah pertanggungannya juga tidak terlalu besar. Sistem pembayarannya ada dua tipe, yaitu cashless dan reimburse. Cashless yaitu dengan menggunakan kartu yang tinggal digesekkan pada sebuah alat khusus. Namun sistem ini hanya berlaku di rumah sakit yang sudah memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi. Sementara untuk sistem reimburse yaitu, Anda harus mengisi form khusus yang disediakan oleh pihak asuransi. Form ini harus diisi dengan lengkap oleh Anda dan juga oleh pihak rumah sakit atau dokter yang menangani Anda. Kemudian Anda tinggal mengajukan klaim dengan menyertakan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

  • Asuransi penyakit kritis

Asuransi ini tidak berdiri sendiri, melainkan manfaat tambahan yang menempel pada asuransi jiwa. Jika Anda sudah membeli paket asuransi jiwa, barulah Anda bisa membeli asuransi ini. Sesuai dengan namanya, asuransi ini akan menanggung biaya pengobatan untuk berbagai penyakit kritis, seperti kanker, tumor, dan sebagainya. Nilai pertanggungan yang diberikan cukup tinggi karena biaya pengobatan untuk penyakit kritis juga tidaklah murah. Namun untuk pembayaran klaimnya, banyak perusahaan asuransi yang membayarkannya secara penuh di awal klaim.

Jadi, jika Anda merasa ingin melindungi Anda dan keluarga dari penyakit kritis, jangan hanya mendaftar pada asuransi esehatansaja tetapi lengkapi juga perlindungannya dengan asuransi penyakit kritis. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *