Anenchepaly, Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Hamil

Ada banyak sekali jenis gizi ibu hamil yang harus terpenuhi pada masa kehamilan. Demi Kandungan, ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi terutama yang mengandung asam folat. Bahkan, demi terpenuhinya asam folat selama masa kehamilan, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi asam folat sejak masa persiapan kehamilan. Alasannya, karena masa awal kehamilan (sekitar 2 bulan pertama) adalah masa rentan bagi ibu hamil sementara banyak ibu hamil yang belum menyadari dirinya sedang hamil. Akibatnya, pada masa inilah ibu hamil seringkali mengalami masalah kurang gizi. Padahal, jika sampai ibu hamil kekurangan asam folat pada masa ini, dampaknya tidaklah main-main dan salah satunya ada janin mengalami Anenchepaly.anenchepaly

Menurut situs alodokter, anenchepaly adalah kondisi dimana sebagian besar otak dan tengkorak bayi tidak terbentuk. Akibatnya, harapan hidup bayi untuk dapat bertahan setelah dilahirkan sangatlah kecil. Bahkan tergolong kelainan yang sangat serius pada bayi dan merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada bayi. Selain itu, bayi yang mengalami kondisi ini juga hampir tidak bisa dilahirkan secara normal. Sebab, bayi tidak memiliki tengkorak yang cukup keras untuk mendorong dan membuka pintu keluar sebagai jalan lahirnya. Itulah sebabnya, kelahiran pada bayi dengan kondisi ini biasanya dilakukan secara caesar.

Kondisi anenchepaly biasanya sudah diketahui sejak masih dalam kandungan, melalui USG ketika janin berusia 12 minggu. Janin yang berada dalam kondisi ini akan mendapatkan penanganan khusus. Penyebab pastinya belum diketahui, dan selain dari kekurangan asam folat, ada beberapa hal lain yang diperkirakan menjadi penyebab anenchepali, yaitu:

  1. Faktor genetik
  2. Faktor lingkungan (makanan dan zat kimia di sekitar lingkungan tempat tinggal)
  3. Penyakit ibu (diabetes)

Kasus kehamilan dengan kondisi anenchepaly sebenarnya tergolong jarang dan jarang berulang. Namun, u ntuk menjaga agar ibu hamil tidak mengalami masalah ini, ada baiknya jika kebutuhan asam folat dipenuhi sejak awal. Meskipun masih ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab janin mengalami kelainan ini, tetapi dengan memenuhi asam folat sejak masa awal kehamilan, semoga saja bisa menurunkan risikonya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *