Anak Belajar Menggunakan Pisau? Kenapa Tidak

Setiap orangtua pasti akan berusaha agar anaknya selalu tumbuh dengan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Bahkan, ketika ada sesuatu yang dianggap lain dari biasanya, banyak dari orangtua yang langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan konsultasi dokter anak. Meskipun terkadang, masalah yang sebenarnya tidaklah sebesar itu. Saking sayangnya, mereka cenderung akan menjauhkan anaknya dari berbagai hal yang dirasa dapat berbahaya. Benda tajam seperti pisau dan gunting adalah dua hal yang sananak menggunakan pisau kenapa tidakgat sering dijauhkan dari anak-anak karena dianggap sebagai benda yang dapat membahayakan anak. Hal ini memang benar, namun sebenarnya mengajarkan anak menggunakan benda tajam ini sejak awal juga penting loh. Mengapa begitu?

Pisau ataupun gunting adalah benda yang hampir pasti dimiliki oleh setiap keluarga. Apalagi, dengan bentuknya yang saat ini semakin beragam dan berwarna, kedua benda ini tentunya akan menarik perhatian anak kita. Mungkin kita akan bisa menyingkirkan dan menjauhkan benda ini dari jangkauan anak-anak, namun bukan tidak mungkin kita lengah dan meletakkannya dilokasi yang terjangkau oleh anak kita. Rasa penasaran anak terhadap benda ini, akan membuat anak mengambilnya dan memainkannya. Hal ini tentunya akan berbahaya, karena anak akan memainkan benda ini tanpa mengetahui bahayanya.

Kondisinya akan berbeda jika orangtua telah mengajarkan pada anak bagaimana cara menggunakan kedua benda ini, sekaligus memperingatkan mereka bahayanya. Setelah anak mengetahui bahaya dari benda ini jika dimainkan secara sembarangan, maka anak akan berusaha untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Selain itu, karena anak diberikan izin untuk memegang dan menggunakan benda ini, maka anak tidak akan merasa penasaran terhadap benda ini. Sehingga tidak akan sembarangan memainkannya ketika melihat benda ini.

Namun, dalam mengajarkan anak menggunakan pisau dan gunting, orangtua tentunya harus ekstra berhati-hati dan selalu mengawasi anak. Sebagai langkah awal, sebaiknya berikanlah dulu pisau atau gunting yang sedikit tumpul atau tidak begitu tajam. Orangtua bisa meminta anak untuk memotong sayuran dengan menggunakan pisau tersebut saat sedang memasak bersama si kecil. Mintalah anak memotongnya dalam ukuran yang tidak terlalu kecil, tujuannya agar anak terbiasa menggunakan pisau. Setelah itu, barulah secara perlahan mengganti pisau dengan yang lebih tajam. Begitu pula saat akan mengajarkan anak menggunakan gunting. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *