Amankah Mengonsumsi Jinten Hitam Setiap Hari?

Jinten hitam atau yang lebih dikenal dengan habbatusauda saat ini menjadi salah satu obat herbal yang menjadi favorit masyarakat. Ada yang mengonsumsinya dalam bentuk jamu, ataupun ekstrak jinten hitam yang lebih praktis. Hal ini dilakukan oleh masyarakat karena jinten hitam dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengatasi gangguan tidur dan mengatasi beberapa hal di bawah ini:jinten hitam

  • Maag
  • Asma
  • Anti jamur
  • Anti virus
  • Dan sebagainya

Namun, apakah anggapan tersebut memang benar?

Menurut Dr. Nugraha Kesuma Arief dalam situs AloDokter, ternyata sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan semua hal tersebut. Jadi tidak bisa dipastikan apakah jinten hitam memang memiliki khasiat seperti yang disebutkan tersebut. Meskipun begitu, ada dua kandungan yang dimiliki oleh jinten hitam yang dipercaya memiliki manfaat baik untuk tubuh, yaitu adanya efek anti radang dan juga antioksidan. Tidak hanya itu, jinten hitam juga mengandung protein, mineral, dan juga vitamin yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, jinten hitam tetap baik dikonsumsi meskipun belum ada penelitian pasti tentang khasiatnya.

Masih bersumber dari situs yang sama, Dr. Nugraha juga menjelaskan kemungkinan efek samping jika mengonsumsi obat herbal ini secara berlebihan. Sebab, meskipun berbahan dasar alami, namun organ ginjal dan liver akan menganggapnya sebagai zat yang berpotensi membahayakan tubuh ketika dikonsumsi dalam dosis berlebih. Akibatnya, kerja dari kedua organ ini akan menjadi lebih berat. Tidak hanya itu saja, cukup banyak literatur yang menyebutkan bahwa jinten hitam memiliki pengaruh yang kurang baik pada proses pembekuan darah. Itulah sebabnya, Anda yang memiliki maasalah kesehatan hemofilia, sebaiknya menghindari konsumsi obat herbal ini. Sebab, jinten hitam berisiko memperlambat pendarahan darah yang tentunya akan semakin memperparah kondisi penderita hemofilia.

Lalu, apakah jinten hitam aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Mengenai keamanannya dikonsumsi setiap hari, Dr. Sepriani Timurtini Limbong dalam situs klikDokter menyatakan bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Meskipun begitu, berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa jinten hitam akan berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter yang menangani penyakit Anda, atau ahli gizi untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *