Amankah Mencuci Mobil Setiap Hari Saat Musim Hujan?

Wah, sudah mulai musim hujan nih. Biasanya, dimusim seperti ini semakin banyak orang yang lebih senang bepergian dengan Mitsubishi strada triton kesayangannya, dibandingkan dengan kendaraan umum. Wajar saja, dengan bepergian menggunakan mobil pribadi mereka tidak perlu takut basah kuyup atau kerepotan membawa payung keman-mana. Naik mobil ketika masih berada di dalam garasi yang tertutup, dan ketika sampai tujuanpun kita bisa parkir di area basement atau tempat parkir lain yang tertutup. Jadi, aman kan dari hujan.Amankah Mencuci Mobil Setiap Hari Saat Musim Hujan

Hanya saja, ada satu hal yang menjadi masalah berkaitan dengan kebiasaan ini, yaitu kebersihan mobil. Yap, mobil yang digunakan saat hujan tentunya akan menjadi kotor. Apalagi, jika harus menerjang banjir yang cukup tinggi, bisa-bisa bukan hanya body luar saja yang kotor, tetapi juga bagian dalam mobil. Nah, untuk mengatasi masalah ini, biasanya para pemilik mobil ini akan langsung membawa mobil kesayangannya ke tempat pencucian mobil untuk membersihkan semua kotoran yang menempel di body mobil. Atau, bisa juga mereka memilih untuk mencucinya sendiri jika memang tidak merasa repot. Tujuannya, agar mobil selalu terlihat bersih tanpa noda, jadi akan enak dilihat.

Akan tetapi, ternyata mencuci mobil terlalu sering ketika musim hujan ini tidak dianjurkan loh. Apalagi, jika setiap mencuci mobil selalu menggunakan hidrolik. Yap, mencuci di tempat pencucian yang menyediakan hidrolik memang sering menjadi pilihan banyak orang. Sebab, dengan menggunakan hidrolik mobil tidak hanya dicuci bagian body nya saja, tetapi juga mesin bagian bawah. Sehingga membuat mereka merasa lebih mantap. Namun ternyata, penggunaan hidrolik ini dapat berpengaruh buruk pada setting balancing mobil sendiri. Saat mobil diangkat, akan ada bagian mobil yang menggantung, termasuk bagian yang berkaitan dengan balancing. Inilah yang menyebabkan settingnya dapat berubah.

Namun, bukan berarti kita tidak boleh mencuci mobil dengan hidrolik ya, karena mesin bagian bawah juga penting untuk dibersihkan. Jika tidak, nanti bisa beresiko munculnya karat. Hanya saja, pencucian mobil ini jangan terlalu sering, setidaknya cukup 1 kali dalam sebulan saja.

Nah, untuk kamu yang mencuci mobil sendiri dirumah, sebenarnya tidak masalah jika cukup sering (asalkan jangan sampai lebih dari satu kali sehari), apalagi jika habis terkena hujan. Sebab, air hujan memiliki kadar garam yang bisa membuat body mobilmu menjadi cepat berkarat. Tapi, pastikan bahwa sabun yang kamu gunakan berkualitas cukup baik. Selain itu, segera keringkan mobil setelah proses pencucian. Sebab, air yang tersisa dapat membuat mobil menjadi lembab dan mudah berkarat. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *