Amankah Masak Menggunakan Minyak Zaitun?

Minyak zaitun merupakan minyak yang mengandung banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Itulah alasannya semakin banyak orang yang mulai rutin menggunakan minyak ini. Apalagi, minyak ini tidak hanya dikenal baik untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan kulit dan wajah. Maka tidak heran jika kita akan bisa menemukan banyak toko yang jual minyak zaitun dengan berbagai merk dan ukuran.minyak zaitun

Manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun ini, tentu tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Menurut situs alodokter, minyak zaitun memiliki kandungan lemak jenuh, omega 3, dan asam lemak berupa asam oleat yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5 hingga 10 kali jumlah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu, apakah itu artinya menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa untuk memasak baik untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasannya.

Minyak zaitun baik digunakan sebagai pengganti minyak kelapa, jika jenis masakan tidak membutuhkan proses memasak dalam suhu tinggi. Selain itu, proses memasak hanya dilakukan sebentar. Misalnya saja seperti saat kita menumis, atau menggoreng telur. Atau, kita juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk membuat aneka saus untuk melengkapi hidangan makanan. Misalnya seperti ikan goreng saus padang, atau sejenisnya. Untuk itu, ketika hendak menggunakan minyak zaitun, pastikan kita tidak salah olah.

Jika minyak zaitun digunakan untuk memasak pada suhu yang tinggi dan terlalu lama, maka nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun akan hilang atau rusak. Oleh Sebab itu kita harus bisa memilih minyak zaitun yang tepat untuk masakan kita. Sekarang minyak zaitun memiliki 3 jenis Extra Virgin, Pure atau Classic, dan Extra Light. Minyak zaitun Extra Light baik dipakai menggoreng atau memanggang, Minya Zaitun Pure digunakan untuk menumis atau dicampur ke sup, casserole, vinaigrette, dan mayones. Sementara itu, Minyak zaitun extra virgin sebaiknya di konsumsi langsung atau digunakan bukan untuk memasak tetapi sebagai dressing salad atau untuk perawatan tubuh, seperti kulit dan rambut.

Selain itu, ketika sudah membelinya, jauhkan minyak zaitun dari panas dan paparan sinar secara langsung. Hal tersebut untuk mempertahankan kualitasnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *