Alasan Menggunakan Batu Alam Untuk Pagar

Meskipun mulai banyak yang beralih menggunakan beton untuk pagar karena harga pagar panel beton yang cukup terjangkau, namun masih banyak yang lebih tertarik menggunakan bahan lain untuk pembuatan pagar rumahnya. Batu alam merupakan salah satu jenis bahan yang banyak dilirik sebagai bahan dasar pembuatan pagar. Bahkan, beberapa arsitek juga terkadang menyarankan pada kliennya untuk menggunakan batu alam.alasan menggunakan batu alam untuk pagar

Tentunya ada beberapa hal yang dijadikan pertimbangan, mengapa seseorang memilih batu alam dibandingkan dengan bahan lainnya, antara lain:

  • Hemat

Secara umum, penggunaan batu alam untuk pembuatan pagar ini lebih hemat dibandingkan dengan bahan lainnya, khususnya kayu atau besi. Hal ini disebabkan karena sifat alami dari batu ini yang memang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Sementara, pada pagar yang terbuat dari kayu, kita mungkin akan mengalami masalah kayu lapuk akibat seringnya terkena hujan dan panas secara bergantian. Sedangkan, pada pagar yang terbuat dari besi, kita mungkin akan mengalami masalah besi yang berkarat. Kedua hal ini (kayu lapuk dan besi berkarat) tentunya akan menuntut kita mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

  • Mudah

Untuk melakukan perawatan batu alam agar awet juga tidaklah sulit. Kita cukup membersihkannya dengan rutin agar terlihat tetap indah dan bersih. Jika suatu saat warna batu mulai pudar, kita bisa memolesnya dengan cairan khusus yang memang ditujukan untuk melapisi batu alam.

  • Indah

Rumah yang menggunakan pagar dari batu alam, biasanya akan terlihat lebih indah dan alami jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, karena batu alam tidak mengalami pergeseran akibat perubahan suhu (menyusut dan memuai) maka tampilan serta ukuran batu akan tetap sama sepanjang waktu.

  • Sesuai tema

Pagar dengan batu alam ini sangat sesuai digunakan pada rumah yang mengambil tema back to nature atau minimalis. Karena batu alam ini akan melengkapi kesan alam dan minimalis yang ingin ditonjolkan. Sementara,pada rumah dengan tema tradisional, akan lebih baik menggunakan kayu dan pada rumah bertema modern bisa menggunakan besi atau beton bermotif sebagai bahan dasar pagar rumahnya.

Bagaimana, tertarik menggunakan pagar dari batu alam untuk rumah? (Vita)

Leave a Reply