4 Komponen Ini Wajib Dicek Sebelum Berkendara

Melakukan perjalanan dengan motor adalah hal yang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Alasannya, karena bepergian dengan motor bisa lebih menghemat waktu dibandingkan dengan mobil. Belum lagi jika melihat dari segi biaya. Baik pemakaian bahan bakar maupun biaya untuk ganti oli, jelas motor lebih murah dibandingkan mobil. Lihat saja daftar harga oli motor matic dan manual, dan bandingkan dengan harga oli mobil. Padahal, semakin sering atau semakin jauh jarak tempuhmu, maka waktu penggantian oli akan semakin cepat.mengendarai motor

Nah, untuk kamu yang sering atau aktif menggunakan kendaraan roda dua untuk beraktivitas, mungkin ada beberapa yang sudah tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum berkendara. Misalnya mengenakan beberapa perlengkapan saat berkendara, seperti sarung tangan, hel SNI, dan sebagainya. Tidak hanya itu, melakukan pengecekan pada beberapa komponen penting juga rutin mereka lakukan. Namun ternyata, masih banyak juga loh pengendara yang asal pergi saja tanpa melakukan pengecekan beberapa komponen ini. Padahal, hal ini wajib dilakukan untuk keselamatan berkendara. Komponen apa sajakah yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Ban

Pastikan bahwa ban masih memiliki ketebalan yang aman untuk berkendara, dan juga ban belum gundul. Ban yang sudah terlalu tipis, akan membuatnya mudah bocor saat melewati jalanan yang kurang bagus. Sementara, jika ban sudah gundul akan membuatnya lebih licin daripada kondisi normal. Hal ini akan sangat berbahaya karena berisiko membuatmu tergelincir, apalagi jika kamu berkendara saat hujan.

  • Rem

Sudah sangat banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat rem blong. Kondisi ini mungkin saja terjadi secara mendadak karena adanya masalah pada bagian dalam komponen yang berkaitan dengan rem. Namun, seringkali rem blong ini sebenarnya sudah bisa diketahui sejak awal jika sang pengendara sudah melakukan pengecekan rem sebelum berkendara.

  • Kemudi

Pastikan bahwa stir kemudi motormu masih terasa normal dan nyaman. Biasanya, terjadinya perubahan pada stir kemudi ini akibat dari kecelakaan ataupun motor yang jatuh saat diparkir. Kenyamanan strir kemudi ini sangat penting, karena sangat berkaitan erat dengan keselamatan berkendara.

  • Lampu

Komponen terakhir yang tidak boleh terlupakan adalah lampu. Kamu harus memastikan bahwa semua lampu dapat menyala dengan baik dan tidak ada masalah. Sebab, setiap lampu memiliki fungsinya masing-masing jadi tidak boleh diabaikan.

Sebenarnya, selain keempat komponen di atas masih banyak komponen lain yang harus kamu perhatikan. Namun, jika kamu harus memperhatikan semua padahal jarak tempuhmu tidak terlalu jauh, akan terasa merepotkan, bukan? Jadi, untuk aktivitas keseharian ada baiknya jika kamu selalu mengecek 4 komponen tersebut sebelum berkendara. Dan selalu lakukan pengecekan secara penuh pada semua komponen jika kamu berencana bepergian jauh. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *