3 Tipe Pipa PVC yang Perlu Diketahui

Ketika membutuhkan pipa untuk membuat saluran air baru ataupun mengganti saluran air yang sudah dianggap tua, Anda mungkin hanya terfokus pada harga pipa PVC yang ditawarkan oleh toko bangunan. Apalagi jika Anda membeli pipa tersebut tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada orang yang lebih ahli. Anda beruntung jika ternyata pipa yang Anda beli sesuai dengan yang dibutuhkan, namun bagaimana jika ternyata salah? Tidak hanya bisa membuat Anda mengalami kerugian karena harus membeli ulang dan

pipa pvc
Source: plumbingperspective

mengeluarkan uang 2 kali saja, tetapi juga bisa menyebabkan terjadinya kebocoran yang tentunya akan membuat Anda kerepotan untuk mengatasinya.

Tentunya Anda tidak mau dong mengalami hal tersebut? Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengenal tipe pipa PVC. Yap, pipa ini memang memiliki beberapa tipe, jadi Anda tidak boleh asal saja saat membelinya karena berkaitan dengan kemampuan pipa tersebut dalam menahan tekanan. Jadi, apa sajakah tipe pipa PVC yang perlu diketahui?

  • Pipa PVC tipe C

Pipa ini adalah tipe pipa yang memiliki kekuatan paling lemah untuk menahan tekanan karena memiliki dinding pipa paling tipis. Pipa ini sering digunakan untuk saluran pembuangan air yang tidak memiliki tekanan besar. Namun, untuk pipa PVC tipe C berukuran 5/8 inch atau 17mm biasanya digunakan untuk pelindung kabel yang terpasang melintang dan beresiko mengalami kerusakan jika terinjak.

  • Pipa PVC tipe D

Pipa ini memiliki dinding yang lebih tebal sehingga mampu untuk menahan tekanan selama tidak terlalu kuat. Tipe ini merupakan yang paling sering digunakan untuk pipa yang tertanam di dalam dinding. Selain itu, pipa tipe ini juga umum digunakan dalam rumah untuk saluran air buangan atau saluran pembuangan ke septic tank. Pipa tipe ini dianggap cukup kuat dan mampu untuk menahan tekanan penyedot untuk mengatasi WC yang tersumbat.

  • Pipa PVC tipe AW

Pipa tipe ini memiliki dinding paling kuat dan mampu menahan tekanan dalam jumlah besar. Biasanya sering digunakan untuk saluran air yang berada di area pompa air khususnya pada bagian penghisapan. Sebab area tersebut yang paling beresiko mengalami tekanan paling besar.

Nah setelah Anda mengenal ketiga jenis pipa PVC ini, Anda sudah siap deh pergi ke toko bangunan dan membeli pipa PVC sesuai kebutuhan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *