3 Pilihan Wisata Asia Tenggara yang Kental dengan Agama, Alam, dan Budaya Selain Indonesia

Bosan travelling di dalam negeri? Anda ingin keluar negeri namun tetap dengan budget minimal? Anda bisa berkunjung ke negara yang masih dekat jaraknya dengan Indonesia. Pilihan utamanya adalah negara kawasan Asia Tenggara, dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan budget besar. Selain itu, harga tiket pesawat masih relatif murah, juga nilai mata uang negaranya yang tak jauh beda dengan rupiah.

Mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara tentu bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memilih maskapai penerbangannya. Ada beragam pilihan cara untuk Anda, salah satunya cari tiket pesawat online. Selain mudah, praktis, Anda juga akan mendapat kesempatan mendapat penawaran diskon atau promo yang menarik.

Memilih tempat tujuan wisata dan memilih maskapai penerbangan sebagai alat transportasi menjadi persiapan utama sebelum kunjungan Anda. Hal tersebut agar perjalanan Anda menuju tempat wisata semakin nyaman dan menyenangkan.

Saat ini ada banyak maskapai yang terkenal murah, namun tetap dengan pelayanan nyaman, seperti Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini rekomendasi utama untuk Anda mengenai beragam destinasi wisata Asia Tenggara yang bisa dikunjungi:

Kamboja

Perjalanan menuju negara Kamboja ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Lamanya perjalanan juga dikarenakan adanya rute pesawat yang belum bisa langsung menuju Kamboja, sehingga  harus transit lebih dahulu di beberapa negara.

Angkor Wat
livescience.com

Dikenal sebagai negara yang mayoritas memeluk agama Budha, Kamboja ternyata memiliki kuil Hindu yang usianya sudah sangat tua, yaitu Angkor Wat. Angkor Wat sendiri adalah kuil yang paling dikenal oleh turis Asing. Nama Angkor Wat sendiri diambil dari nama daerah dimana kuil itu berada, yaitu Angkor, Kamboja.

Akses menuju Angkor Wat ini bisa ditempuh dengan menyeberangi danau buatan melalui sebuah jembatan yang cukup panjang. Jadi, jika Anda benar-benar ingin menjelajahi kuil ini, Anda harus menyiapkan stamina yang kuat karena waktu tempuhnya bisa menghabiskan waktu sekitar 4 jam.

Kawasan Angkor Wat menyuguhkan pemandangan berupa kemegahan kuil dengan relief-relief cantik yang sayang bila tidak diabadikan dengan kamera. Hawa di sekitar Angkor pun sejuk dengan pemandangan rumput hijau dan danau yang indah dan memukau

Vietnam

Pilihan ketiga untuk tujuan traveling Anda yaitu Vietnam. Terkenal dengan wisata alamnya yang hanya terdapat di Vietnam, banyak turis yang menjadikan Vietnam sebagai tujuan wisata favorit. Salah satu wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Vietnam adalah Ha Long Bay.

Ha Long Bay
ranselwisata.com

Ha Long Bay yang kini sudah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia, harus Anda jadikan pilihan pertama tempat wisata Vietnam. Dengan menaiki perahu, Anda akan mengarungi teluk dengan suguhan keindahan jajaran pegunungan dan pulau kapur yang jumlahnya mencapai ribuan. Juga beragam ukuran, mulai dari yang paling kecil hingga terbesar ukurannya.

Beberapa pulau kapur yang ada di Ha Long Bay memiliki gua yang bisa Anda telusuri. Salah satu goa yang paling terkenal karena keindahannya adalah Goa Thien Cung. Di dalam goa, Anda akan takjub dengan stalaktit dan stalakmitnya yang diberi pencahayaan lampu berwarna-warni.

Thailand

Pilihan kedua untuk travelling di Asia Tenggara adalah Thailand. Dikenal dengan gajahnya, Thailand memang telah lama dijadikan sebagai tujuan wisata oleh para turis macanegara. Biasanya para traveler yang baru pertama kali mengunjungi Thailand akan memulai perjalanan dari ibukotanya, yakni Bangkok.

Royal Grand Palace
Thailandsightseeing.com

Di Bangkok, Anda bisa mengunjungi Royal Grand Place atau Istana Raja. Tempat tersebut adalah ikon Bangko yang dibangun sebagai tempat tinggal raja-raja dan penerusnya. Namun seiring berjalannya waktu, juga karena Raja Thailand yang memilih tinggal di istana lainnya (Istana Chitralada), akhirnya istana ini dibuka untuk umum agar bisa dikunjungi oleh para traveler yang penasaran.

Untuk mengunjungi Istana Raja ini, Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan tidak diperbolehkan memakai celana pendek. Jika Anda mengunjungi istana ini, Anda akan dibuat takjub dengan kemewahan istana yang memiliki desain interior dan eksterior yang didominasi warna emas.

Di kawasan istana, ada satu tempat yang paling merebut pusat perrhatian, yaitu Wat Phra Kaew, yaitu kuil Emerald Budha. Wat Phra Kaew dianggap sebagai kuil paling penting di Thailand, karena di sana terdapat Emerald Budha, yaitu gambar sang Budha yang diukir dengan sangat teliti dari bongkahan batu giok yang masih utuh. Bahkan batu tersebut berasal dari abad ke-14.

Begitu banyak pilihan wisata menarik di Asia Tenggara. Uraian di atas hanya sebagian kecil yang bisa Anda telusuri. Ada begitu banyak titik menarik di setiap negara di Asia Tenggara yang bisa Anda kenang dan abadikan. Beragam bangunan indah dan pesona alamnya masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Meskipun Indonesia juga tak kalah indahnya, tapi bolehlah sesekali menapaki wisata menarik di wilayah negara tetangga, khususnya Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *