3 Kategori Head pada Felling Buncher

Alat Berat feller buncher adalah salah satu jenis alat berat perkebunan yang bermanfaat untuk memotong serta mengumpulkan batang pohon disebuah lokasi penumpukan. Alat ini biasa digunakan untuk menebang pohon dilahan perkebunan ataupun untuk membersihkan suatu lahan yang akan digunakan untuk proyek dari pepohonan yang ada. Bila dibandingkan dengan menebang pohon secara manual (tenaga manusia), proses penebangan pohon dengan feller buncher akan lebih praktis, cepat, efisien dan aman.3 Kategori Head pada Felling Buncher

Alat pemotong yang digunakan pada feller buncher berada pada bagian yang dinamakan head, atau yang sering juga disebut head feller. Head feller ini terdiri dari 3 kategori, yaitu:

  • Bunching heads

Bunching head memiliki kemampuan untuk meng-handle beberapa batang pohon sekaligus, namun tidak dapat melakukan pengolahan. Alat ini mampu untuk menyimpan lebih dari satu batang pohon sambil memotongnya. Ada tiga jenis metode yang digunakan oleh bunching heads untuk memootong, yaitu:

  • Disc saw

Disc saw merupakan sebuah alat berbentuk disc yang terbuat dari baja dan berukuran besar. Terdapat gerigi pemotong (gergaji) dibagian tepinya. Disc saw ini juga sering disebut sebagai hotsaw, karena mata gergaji selalu berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi (> 1000 rpm). Mesin ini mampu menebang pohon dengan cepat. Saat menggunakan mesin ini dilokasi yang banyak dengan bebatuan, operator harus mengendalikan alat ini dengan sangat hati-hati agar tidak mengenai bebatuan.

  • Bar saw

Bar saw merupakan sebuah gergaji besar yang dipasangg pada head feller. Gergaji ini hanya akan berputar pada saat dibutuhkan untuk memotong pohon, sehingga dapat mengurangi resiko. Namun, proses kerja gergaji ini lebih lambat bila dibandingkan dengan disc saw.

  • Shear

Mesin ini memotng pohon dengan cara kerja mirip dengan gunting yang digunakan oleh tukang kebun. Metode ini membutuhkan waktu kerja yang lebih lama bila dibandingkan dengan disc saw dan bar saw. Selain itu, metode ini juga memiliki kecenderungan untuk menghancurkan log, sehingga tidak digunakan untuk menebang pohon berkualitas tinggi.

  • Processing heads

Pada head ini, batang tidak hanya dipotong saja tetapi juga dilakukan proses selanjutnya. Proses yang paling sering dilakukan yaitu delimbing. Sebagian besar processing heads hanya mampu memproses satu batang pohon dalam satu waktu, namun saat ini sudah ada yang mampu menangani beberapa pohon diameter lebih kecil dalam satu waktu. Komponen utama dalam mesin ini yaitu bar saw, delimbing knives dan feed rollers.

  • Felling heads

Felling heads adalah sebuah grapple sederhana yang memiliki bar saw tegak lurus terhaddap grapple. Alat ini mampu menebang pohon dan mengendalikan arah jatuhnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *