3 Alternatif Internet yang Bisa Kamu Pakai Saat di Luar Negeri

Mau wisata ke luar negeri? Pasti ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. Dari mulai passport, visa, tiket, rencana perjalanan, dan masih banyak lagi. Tapi, ada satu hal juga nih yang nggak kalah penting, apalagi kalau bukan koneksi internet. Yap, saat kamu ke luar negeri tentunya provider internet cepat yang digunakan tidak sama dengan yang kamu gunakan saat di Indonesia.

Nah, terus gimana dong?

internet luar negeri
Source: liveolive

Tenang saja, pergi ke luar negeri bukan berarti kamu gak bisa bebas berselancar di dunia maya. Ada 3 alternatif yang bisa kamu gunakan agar tetap bisa memiliki koneksi internet selama berwisata, yaitu:

  • Modem

Ini adalah yang cukup umum digunakan oleh wisatawan Indonesia saat wisata ke luar negeri. Apalagi jika pergi bersama-sama beberapa orang. Alasannya, biaya internet dengan modem lebih hemat karena bisa digunakan bersama-sama. Biasanya bisa sekitar 6-8 gadget yang menyambung ke satu modem. Jadi, meskipun harga modem cukup mahal, karena ditanggung bersama-sama jadi nggak terasa deh.

Sayangnya, karena modem ini hanya dipinjamkan jadi kadang kamu harus membayar deposit yang akan dikembalikan saat kamu mengembalikan modem. Selain itu, kamu juga harus terus bersama-sama dengan temanmu yang memegang modem supaya bisa terus terkoneksi internet.

  • SIM Card sementara

Hampir setiap negara menyediakan sim card sementara yang bisa kamu gunakan selama berwisata. Kamu bisa memilih masa berlaku sesuai dengan lama wisatamu. Biasanya sih mereka menjualnya dengan pilihan 3, 5, 7, hingga 30 hari. Semakin besar kuota internet dan lama masa berlakunya akan semakin mahal harganya.

Kamu bahkan bisa membeli SIM Card ini sejak masih di Indonesia. Sayangnya, kamu baru bisa mengetahui apakah ponselmu compatible atau tidak dengan SIM Card tersebut saat kamu sudah sampai di negara tujuan. Jadi, sebaiknya siapkan rencana cadangan ya.

  • SIM Card Indonesia

Untuk kamu yang tetap ingin menggunakan provider dari Indonesia, tidak perlu khawatir. Sebab saat ini semua provider telah memiliki fasilitas roaming yang bisa digunakan di luar negeri. Kamu hanya perlu mengaktivasi roaming, dan memilih paket internet sesuai dengan provider yang kamu gunakan. Namun sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu rencanamu pada call center providermu, apakah jaringannya tersedia untuk negara yang akan kamu kunjungi. Sebab mereka menggunakan sistem kerjasama dengan provider di negara lain sehingga bisa menggunakan jaringan provider tersebut.

Nah, sekarang kamu sendiri yang menentukan, di antara 3 alternatif berikut ini manakah yang paling pas untukmu? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *